28/07/2015 02:04:47
Info Kesehatan

Ketahui Gejala dan Penularan Penyakit Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ hati manusia, dimana terjadi peradangan atau pembengkakan hati, sehingga membuat fungsi hati sebagai tempat penyaring racun-racun dalam darah menjadi terganggu. Dengan terganggunya fungsi hati tersebut, maka terganggu pula fungsi organ yang lain, sehingga membuat kesehatan seseorang akan hancur secara keseluruhan. Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.

Penyakit hepatitis ini bisa disebabkan karena seseorang mengkonsumsi narkoba, obat (termasuk obat yang diresepkan), alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan mengakibatkan fungsi hati menjadi rusak. Tetapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan oleh virus yang ditularkan penderita hepatitis.

Banyak kasus hepatitis tidak diobati, karena tidak ada gejala atau gejala dikira diakibatkan hanya oleh serangan flu biasa. Gejala hepatitis yang paling umum adalah nafsu makan hilang, kelelahan, demam, pegal sekujur tubuh, mual dan muntah serta nyeri pada perut. Beberapa orang mungkin mengalami air seni yang menjadi berwarna gelap, buang air besar berwarna pucat, dan kulit serta mata menguning (disebut ikterus atau jaundice).

Gejala-gejala umum dari hepatitis ini adalah rasa nyeri atau sakit pada perut bagian kanan, badan lemas, mual, demam dan diare. Pada beberapa kasus juga ditemukan gejala seperti akan flu dan sakit kuning yang ditandai kulit dan mata yang terlihat kuning. Namun, gejala penyakit hepatitis tidak selalu tampak, khususnya pada kebanyakan kasus yang menimpa anak-anak.

Virus dapat berpindah dari seorang penderita ke orang yang sehat. Jika kekebalan tubuh seseorang sedang lemah, virus akan menjangkiti tubuh orang yang sehat. Walau sebenarnya, virus dapat dibersihkan oleh antibodi manusia itu sendiri jika sistem kekebalan tubuhnya baik.

Ada beberapa macam virus hepatitis, diantaranya adalah virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB) dan virus hepatitis C (VHC). Penjelasan dari ketiga virus hepatitis tersebut adalah sebagai berikut :

1. Hepatitis A

Virus hepatitis A (VHA) biasanya terdapat pada kotoran si penderita, dan virus ini dapat hidup pada air atau es batu. Virus ini menyebar karena seseorang meminum air yang tercemar VHA atau mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan benar sehingga virus tetap hidup pada makanan atau bisa juga karena orang yang mempersiapkan makanan tidak mencuci tangan dengan benar terlebih dahulu, padahal mungkin saja pada tangannya terdapat virus hepatitis A. Tidak mencuci tangan sehabis menggunakan toilet juga menyebabkan virus ada pada kotoran manusia ini akhirnya berpindah.

2. Hepatitis B

Virus Hepatitis B (VHB) dapat menyebabkan peradangan yang bersifat akut atau kronis merupakan salah satu penyebab awal kanker hati. Biasanya menular melalui darah atau cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina, atau air mani yang masuk dalam aliran darah orang sehat. Ini karena hepatitis B terdapat dalam darah dan cairan tubuh tersebut. Tranfusi darah, darah pada pisau cukur, perawatan gigi, gunting kuku, jarum suntik atau jarum yang digunakan untuk membuat tato dapat memindahkan sejumlah kecil darah yang terinfeksi virus hepatitis. Bahkan noda darah yang sudah mengering dapat menulari orang lain selama 1 minggu sejak menempel pada suatu benda. Cara lain penyebaran virus ini adalah karena terbawa sejak dari kandungan oleh seorang ibu yang terinfeksi (keturunan) dan karena hubungan seks.

3. Hepatitis C

Hepatitis C adalah penyakit menular yang mempengaruhi hati, yang disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). Infeksi ini sering tanpa gejala, tetapi sekali didirikan, infeksi kronis dapat berkembang menjadi jaringan parut hati (fibrosis), dan maju jaringan parut (sirosis) yang umumnya terlihat setelah bertahun-tahun. Cara penularan virus ini hampir sama dengan penularan hepatitis B, tetapi pada kebanyakan orang adalah karena jarum suntik.

Cara Menangani Hepatitis

Dibawah ini adalah cara untuk mencegah terserang penyakit hepatitis :

·        Hindari konsumsi alkohol

·       Hindari obat-obatan yang dapat merusak hati, misalnya acetaminophen

·        Diet sehat dan seimbang

·       Konsumsi makanan yang bergizi. Perbanyak buah, sayur, whole grains, dan protein bebas lemak. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan mampu menangani virus hepatitis yang membahayakan ini.

·         Latihan fisik secara teratur

·       Istirahat cukup agar tubuh mampu bertahan menghadapi virus ini dan mencegah jumlah virus semakin banyak yang akan menggeroti kesehatan penderitanya.

·      Lakukan perawatan sejak dini, karena semakin lambat ditangani, virus akan semakin merusak hati dan bahkan menjadi kanker.

·        Lakukan vaksinasi agar seseorang mendapatkan antibodi dari virus hepatitis A (VHA) dan virus hepatitis B (VHB). Namun, untuk hepatitis C tidak ada vaksinasi untuk mencegahnya.

·        Lakukan pencangkokkan hati jika hati sudah rusak parah.

Demikianlah ulasan mengenai gejala dan cara penularan penyakit hepatitis. Semoga dengan informasi tersebut, sobat Dokcil dapat lebih menjaga kondisi kesehatan tubuh terutama menjaga dari serangan penyakit hepatitis yang berbahaya ini.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

 



 



Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ketahui Gejala dan Penularan Penyakit Hepatitis