30/07/2015 00:48:45
Info Kesehatan

Tips Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Bau badan merupakan masalah yang dialami oleh hampir setiap orang, yaitu bau tak sedap pada badan yang disebabkan oleh bakteri dan keringat. Walaupun sebenarnya keringat tidak berbau, tapi hadirnya keringat membantu memperbanyak jumlah bakteri pada tubuh kita. Jadi, pengebab utama bau badan adalah keringan yang bercampur dengan bakteri. Keringat biasanya muncul setelah beraktivitas, terutama aktivitas berat. Keringat dihasilkan dari suatu kelenjar yang ada di dalam tubuh kita yaitu kelenjar accrine dan apocrine. Kedua kelenjar tersebut memiliki fungsi / peranan yang berbeda.

Kelenjar accrine menghasilkan kelenjar bening dan tidak berbau, kelenjar jenis ini sudah diproduksi sejak kita bayi, biasanya keluar di telapak tangan, dahi, dan punggung. Sedangkan kelenjar apocrine biasanya keluar pada tempat-tempat tertentu yang berhubungan dengan tempat tumbuhnya rambut seperti seperti ketiak, hidung, dan kemaluan. Kelenjar tersebut produksinya akan meningkat terutama pada saat masa-masa pubertas. Jika bercampur dengan bakteri, maka akan menimbulkan bau tak sedap yang kemudian disebut dengan bau badan.

Disadari atau tidak, bau badan dapat mengurangi rasa percaya diri kita dalam bergaul. Orang yang bau badan biasanya akan minder saat berdekatan dengan orang lain, walaupun telah memakai parfum, tapi terkadang bau badannya tetap tercium. Lalu bagaiman caranya agar bau badan bisa hilang dari tubuh kita? Nah, dalam artikel kali ini Dokcil akan berbagi tips ampuh menghilangkan bau badan. Penasaran? yuk kita seimak tips berikut ini :

1. Menghilangkan Bau Badan dengan Mandi Secara Teratur

 

Bau badan bisa terjadi jika pola hidup kita tidak teratur, diantaranya karena kita jarang mandi. Maka dari itu jika sobat Dokcil ingin terbebas dari bau badan, mandilah secara teratur 3 kali sehari. 

2. Mengatasi Bau Badan dengan Air Rebusan Daun Sirih

 

Sudah tahu daun sirih kan? Itu lho daun yang punya banyak manfaat, yang salah satu manfaat itu adalah untuk menghilangkan bau badan caranya gampang banget. Sediakan kurang lebih 30 lembar atau secukupnya daun sirih. Campur dengan air  secukupnya. Kemudian panaskan hingga airnya benar-benar mendidih. Setelah itu campur air rebusan sirih tersebut dengan air dingin agar air rebusan tersebut tidak terlalu panas. Setelah itu, mandilah dengan air rebusan daun sirih tersebut. Lakukan cara ini secara rutin. 

3. Mengobati Bau Badan dengan  Minum Air Rebusan Daun Sirih

 

Selain dengan cara dimandikan, daun sirih juga bisa diminum agar hasilnya lebih optimal. Cara pemakaiannya mudah. Kita hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun sirih, kemudian rendam dengan 1 gelas air putih. Tunggu hingga air rendaman daun sirih tersebut dingin, lalu minumlah. Agar lebih enak, sobat Dokcil juga bisa menambahkan gula putih.

4. Menghilangkan Bau Badan dengan Jeruk Nipis

 

Ambil 1 buah jeruk kemudian potong dan ambil airnya. Setelah itu campurkan air jeruk nipis tersebut dengan daun sirih dan kapur. Selanjutnya oleskan pada bagian tubuh yang dipercaya sebagai sumber bau badan seperti ketia

5. Menghilangkan Bau Badan dengan Cengkeh

 

Cengkeh merupakan salah satu bagian dari rempah-rempah yang dapat kita gunakan untuk mengusir bau badan. Caranya, ambilah beberapa buah cengkih kemudian rendam dengan air hingga buah cengkih tersebut mengembang. Setelah itu airnya diminum. Jika mau, sobat Dokcil juga bisa menambahkan gula agar rasanya lebih enak. Atau juga bisa mengoleskan air rendaman cengkih pada ketiak sobat Dokcil.

6. Menghilangkan Badan dengan Ketimun

 

Sediakan 1 buah mentimun, kemudian kupas mentimun tersebut. Setelah itu gosok-gosokan buah mentimun tersebut pada bagian badan yang berbau setiap kali sobat Dokcil selesai mandi.

7. Menghilangkan Bau Badan dengan Kemangi

 

Daun kemangi sering kita temui dipasar atau dirumah makan. Biasanya kemangi suka dijadikan urab atau lalap sebagai teman nasi. Konsumsilah daun kemangi secara rutin dipagi dan sore hari maka sobat Dokcil akan terhindar dari yang namanya bau badan.

8. Menghilangkan Bau Badan dengan Jahe

 

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang mempunyai rasa pedas dan hangat. Jahe sering dijadikan sebagai bahan minuman hangat ataupun dijadikan sebagai pengganti minyak pijat. Namun kita juga dapat menggunakan jahe sebagai obat untuk mengatasi bau badan. Kita juga dapat meminum wedang jahe secara teratur agar terhindar dari bau badan. Selain itu kita juga bisa mengosok-gosokan parutan jahe pada bagian ketiak agar terhindar dari bau badan.

9. Menghilangkan Bau Badan dengan Kecombrang

 

Untuk daerah Garut kecombrang lebih dikenal dengan sebutan "honje" atau "Kantan". Nah, kalau untuk daerah lain mungkin istilahnya lain lagi. Tapi sobat Dokcil bisa cari info di google tentang apa itu kecombrang. Kecombrang biasanya diambil daun mudanya atau buahnya sebagai bahan untuk membuat rujak, terutama rujak 7 bulanan. Kecombrang ini rasanya asam. Kecombrang juga dapat kita gunakan untuk mengatasi bau badan, caranya dengan mengkonsumsi keceombrang. Atau bisa juga dengan menumbuk kecombrang kemudian digosokan di daerah yang menjadi sumber bau badan.

10. Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Beluntas

 

Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkas, sehingga seringkali ditanam sebagai pagar pekarangan. Namun ternyata selain dapat digunakan sebagai tanaman pagar, beluntas juga bermanfaat dalam mengatasi bau badan, caranya yaitu kita hanya perlu mengkonsumsinya sebagai lalapan, ataupun dimasak terlebih dahulu.

11. Gunakan Pakaian Yang Tepat

 

Gunakanlah pakaian yang nyaman yang membuat tubuh kita bisa bernafas, misalnya pakaian yang berbahan katun yang dapat membuat keringat menguap secara alami. Hindari penggunaan pakaian sempit dengan bahan fiber sintetis atau polyester, khususnya di daerah ketiak.

Selain hal-hal diatas, ternyata bau badan juga dapat disebabkan oleh beberapa jenis makanan loh.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan bau badan secara alami, semoga dapat bermanfaat bagi sobat Dokcil,  khususnya yang mempunyai masalah dengan bau badan.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami