24/08/2015 00:40:07
Info Kesehatan

Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur atau “Ngorok” Saat Tidur

Saat kita sedang tidur, secara tidak sadar mungkin bisa mendengkur atau mengorok. Mendengkur seringkali terjadi ketika kita terlalu capek setelah seharian bekerja. Namun, ada juga orang yang hampir selalu mendengkur ketika tidur.

Mendengkur terjadi karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas saat tidur. Kebiasaan mendengkur ini tidaklah baik, karena bisa mengganggu bagi pasangan atau teman tidurnya. Oleh karena itu, perlu kita lakukan upaya untuk mencegah atau menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur.

1. Ubahlah Posisi Tidur 

Saat kita tidur dengan posisi telentang membuat lidah dan langit-langit mulut bergerak ke dinding belakang tenggorokan sehingga menyebabkan bunyi dengkuran saat tidur. Untuk mencegahnya, cobalah mengubah posisi tidur menjadi miring dan dapat dibantu dengan bantal yang panjangnya mencakup seluruh tubuh.

Sobat Dokcil juga bisa mencoba tidur berbaring dengan posisi kepala ke atas (dagu diangkat). Caranya, letakan bantal di belakang kepala, sehingga kepala menjadi lebih tinggi dari badan. Cara ini bisa membuka jalan pernafasan dengan baik, namun posisi ini bisa menimbulkan rasa sakit di leher.

2. Kurangi Berat Badan

Beberapa kasus tidur mendengkur biasanya dialami oleh orang gemuk, yang punya masalah berat badan, atau yang berat badannya naik. Jika itu yang terjadi pada sobat Dokcil, mengurangi berat badan menjadi solusi yang tepat. Kenaikan berat badan terutama di sekitar area leher membuat diameter tenggorokan jadi menyempit sehingga menimbulkan bunyi saat tidur.

3. Tidur yang Cukup

Bekerja dalam waktu lama dan tidur tidak cukup atau dalam waktu yang singkat, dapat membuat sobat Dokcil merasa kelelahan saat tidur dan akhirnya memicu terjadinya mendengkur. Saat terlelap dengan rasa lelah, otot tubuh tidak bekerja secara baik sehingga menyebabkan dengkuran.

4. Mandi Air Hangat

Hawa di sekitar yang terlalu dingin atau sedang flu membuat pergantian udara (bernafas) yang bergerak cepat bisa memicu dengkuran. Untuk mengatasinya, mandilah dengan air panas sebelum tidur. Bilas hidung saat Anda mandi, karena itu bisa berguna untuk membantu membuka saluran pernapasan.

5. Jaga Kesehatan Saluran Hidung

Saluran napas mempunyai fungsi yang sama. Jika hidung tersumbat atau menyempit disebabkan oleh flu atau lainnya, udara yang bergerak cepat lebih mungkin menghasilkan dengkuran. Beberapa orang ada yang alergi terhadap debu dan kotoran. Untuk itu, jagalah kebersihan tempat tidur seperti dengan cara sering mengganti sarung bantal dan mencucinya secara rutin agar terbebas dari debu dan kotoran.

6. Perbanyak Minum Air

Sekresi yang terjadi dalam hidung jadi mengental jika kita kekurangan cairan tubuh dan bisa berakibat mendengkur.

7. Hindari minuman alkohol

Alkohol ataupun obat penenang bisa mengurangi istirahat pada otot-otot di bagian belakang tenggorokan, sehingga semakin memperbesar kemungkinan Anda akan mendengkur.

Demikianlah ulasan mengenai tips menghilangkan kebiasaan mendengkur atau ngorok. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu dalam menghentikan masalah mendengkur saat tidur yah sobat Dokcil.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur atau “Ngorok” Saat Tidur