02/09/2015 01:28:35
Info Kesehatan

Kenapa Bersin Tidak Bisa Dilakukan Dengan Mata Terbuka?

Sobat Dokcil pasti tau apa itu bersin, karna hal itu sering dialami ketika bagian dalam hidung kita terasa gatal. Penyebabnya bermacam-macam, yaitu bisa karena alergi, kemasukan debu atau sedang flu.

Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Bersin merupakan respon tubuh yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung, sehingga secara otomatis tubuh akan menolak bakteri itu. Syaraf-syaraf yang terdapat di hidung dan mata itu sebenarnya saling bertautan, sehingga pada saat kita bersin, maka secara otomatis mata kita akan terpejam. Hal ini untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung.

Bersin jika terlalu keras, dapat meretakkan tulang iga. Jika mencoba menahan bersin, bisa mengalami pecah pembuluh nadi di kepala dan leher dan menyebabkan kematian. Jika memaksa membuka mata saat bersin, bola mata bisa meloncat keluar.

Pada saat kita bersin, secara refleks maka otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sementara. Setelah selesai bersin maka jantung akan kembali lagi berdenyut alias berdetak kembali. Saking kuatnya tenaga bersin kita, mata kita sampai terpejam. Jika mata kita tidak terpejam saat bersin, dapat menyebabkan mata akan melompat keluar.

Jadi, itulah penyebabnya mengapa ketika kita bersin tidak bisa dilakukan dengan mata terbuka. Nah, bagi sobat Dokcil yang penasaran, jangan coba-coba melakukannya ya.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Kenapa Bersin Tidak Bisa Dilakukan Dengan Mata Terbuka?