07/10/2015 06:36:27
Info Kesehatan

Mencegah Jerawat di Punggung

Tahukah Sobat Dokcil jika jerawat bisa tumbuh di mana saja, di bagian tubuh kita, bukan hanya di wajah? Menyebalkan bukan?  Ikuti tips berikut, agar punggung kita terhindar dari jerawat.

Bagian ini punggung adalah daerah tertutup, berbeda dengan wajah, punggung tidak mudah kena debu tapi mudah lembap akibat keringat.

Jerawat di punggung ada yang bentuknya bintil-bintil merah, ada pula yang bintil-bintil kuning bernanah. Secara fisik, bentuk bintil-bintil ini sulit dibedakan dari jerawat biasa. Yang membedakan adalah rasa gatal yang ditimbulkan.

· Buka pakaian setiap kali habis beraktivitas di luar agar punggung terkena udara dan keringat bisa kering.

· Hindari memakai pakaian ketat supaya sirkulasi udara di punggung lancar.

· Gunakan pakaian berbahan katun atau bahan adem lain yang bisa menyerap keringat dengan baik.

· Ganti pakaian bila basah. 

 

Jika masalahnya adalah gangguan pengelupasan sel kulit, jerawat bisa dicegah dengan scrubbing. Cara ini akan membantu pengelupasan sel kulit yang sudah mati sehingga ia diganti oleh sel kulit yang baru. Tapi Sandra menegaskan, scrubbing ini hanya disarankan untuk kasus jerawat yang masih kecil-kecil, yang masih berupa komedo, bintik-bintik kecil. Kalau jerawat sudah gede-gede, apalagi sudah bernanah, cara ini tidak lagi dianjurkan.

Memencet jerawat di wajah maupun di punggung sangat tidak dianjurkan, kenapa? Selain tidak menyelesaikan masalah, pemencetan jerawat bisa menyebabkan infeksi. Apalagi cara pencet tersebut berisiko meninggalkan bekas noda hitam.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Mencegah Jerawat di Punggung