13/10/2015 01:37:49
Info Kesehatan

Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Pada 10 Oktober 2015, peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia mengangkat tema "Martabat dalam Kesehatan Jiwa".

Kesehatan dengan ekspektasi usia hidup yang baik hanya dapat tercapai dengan memperhatikan aspek-aspek dalam definisi kesehatan, yaitu kesehatan fisik, mental/jiwa, spiritual, dan sosial. Kesehatan jiwa menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan (integral) dari kesehatan secara umum dan salah satu unsur utama dalam menunjang terwujudnya kualitas hidup setiap manusia.

Kesehatan jiwa tidak akan pernah menjadi prioritas pembangunan kesehatan selama terstigma hanya berbicara tentang kasus-kasus gangguan jiwa ekstrem, seperti gelandangan psikotik yang bertelanjang bulat di tepi jalan dan terabaikan oleh sistem. Gangguan jiwa tidak hanya mencakup psikotik, seperti skizofrenia, tapi juga kasus-kasus neurotik, seperti depresi dan kecemasan.

Depresi kini sudah menjadi krisis global. Penderita depresi di dunia jumlahnya sudah dua kali penduduk Indonesia. Sakit jiwa ada yang ringan dan yang berat. Yang ringan misalnya ada kekhawatiran terus menerus tentang sesuatu seperti fobia. Sedangkan yang terberat adalah gangguan jiwa schizofrenia.

Orang yang sehat jiwanya adalah yang bahagia. Orang bahagia bisa galau sesekali, tetapi tidak terus-menerus yang membuat aktivitasnya terganggu. Depresi dimulai dari gangguan kesehatan yang ringan. Faktor ketidakbahagiaan pemicu depresi bisa langsung melonjak tinggi jika ada faktor traumatis seperti perkosaan, kekerasan fisik, dan lain-lain.

Tujuan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ini agar kita bisa mengenali gejala-gejala gangguan kesehatan jiwa yang mempengaruhi perasaan sejak dini. Kita harus menelusuri penyebab kebimbangan, kegalauan, dan lain-lain yang ada dalam hidup kita. Kita juga harus memperhatikan makanan-makanan yang masuk dalam pikiran kita. Kita bisa mengatasi gangguan jiwa ringan jika tahu cara mengelola pikiran.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia