22/10/2015 07:03:13
Info Kesehatan

Gerakkan Jari-Jari Kaki Ternyata Bisa Merangsang Rasa Kantuk

Sobat Dokcil, waktu tidur yang cukup yaitu selama 7-8 jam setiap malam akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Tak hanya penting untuk kesehatan, tidur dengan porsi cukup juga dapat menunjang penampilan.

Namun, saat ini banyak orang yang punya masalah dengan tidur. Mereka sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup. Bahkan seringkali, meski tubuh merasa sangat lelah, mata tidak juga terpejam. Kondisi seperti ini biasanya akan menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Kualitas tidur yang buruk disinyalir membuat seseorang rentan terserang beragam penyakit, karena berkurangnya daya kekebalan tubuh.

Apakah sobat Dokcil termasuk orang yang kesulitan mendapatkan waktu tidur cukup? Berikut ini ada beberapa cara agar sobat Dokcil mudah terlelap di malam hari:

 

 

1.   Jadikan ranjang senyaman mungkin

Semakin sobat Dokcil merasa nyaman merebahkan tubuh di ranjang, semakin mudah pula tubuh terlelap. Metode ini adalah salah satu trik jitu agar sobat Dokcil segera berhijrah ke alam mimpi. Setidaknya, orang yang membuat tempat tidur nyaman setiap hari memiliki presentase 19 persen lebih mungkin untuk tidur nyenyak. Jadi, coba ganti sprei, dan bersihkan ranjang sobat Dokcil, sehingga nyaman saat ditiduri.

 

 

2.   Gerakan jari-jari kaki

Menggerakan jari-jari kaki mungkin terdengar aneh, namun kegiatan tersebut ternyata bisa meransang rasa kantuk. Cobalah lakukan berulang-ulang sebelum sobat Dokcil memejamkan mata. cara sederhana ini tidak hanya membantu mengendurkan otot-otot kaki, tapi juga membantu memberikan rasa relaksasi untuk tubuh yang akan merangsang timbulnya rasa kantuk.

 

 

3.   Matikan ponsel

Handphone, BlackBerry ataupun smartphone lainnya yang terakses dengan jejaring sosial sedikit banyak mengganggu ritual tidur sobat Dokcil. Cara ini mungkin tak biasa, namun terbilang cukup efektif. Untuk itu, satu jam sebelum tidur, matikan semua perangkat elektronik yang ada di dekat sobat Dokcil, yaitu ponsel, televisi, maupun laptop. Setelah itu, sobat Dokcil dapat menyempurnakan dengan mematikan lampu kamar tidur. 

 

 

4.   Mengatur suhu kamar

Untuk memicu datangnya rasa kantuk, tubuh manusia membutuhkan suhu yang cukup dingin. Suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membangunkan kita dari tidur. Karena itu, bila di kamar sobat Dokcil ada AC, atur suhu ruangan senyaman mungkin.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Gerakkan Jari-Jari Kaki Ternyata Bisa Merangsang Rasa Kantuk