05/11/2015 05:56:27
Info Kesehatan

Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

Bagi sobat Dokcil yang gemar memakan buah papaya, sebaiknya berpikir ulang untuk membuang bijinya ya, karena ternyata biji papaya memiliki manfaat bagi kesehatan loh!

Berikut adalah beberapa manfaat dari biji papaya yang perlu sobat Dokcil ketahui :

1. Biji pepaya mencegah dari infeksi parasit

Seperti manfaat buah papaya, biiji pepaya juga mengandung enzim proteolitik yang tinggi yang membantu membersihkan tubuh dari parasit. Dengan cara yang sama bahwa papain memecah limbah protein, yang dapat memecah parasit dan telurnya. Benih dari pepaya juga mengandung alkaloid anthelmintik unik yang disebut carpaine yang telah terbukti sangat efektif dalam membunuh cacing parasit dan amuba.

2. Biji pepaya untuk kesehatan pencernaan

Zat papain yang terkandung dalam biji papaya ini sangat baik untuk membantu enzim pencernaan yang dapat membantu membersihkan saluran pencernaan. Tingkat enzim pencernaan dalam makanan anda, juga diyakini membantu membersihkan saluran pencernaan, sehingga mencegah keberadaan cacing dan parasit lainnya.

3. Biji pepaya dapat mengobati sirosis hati

Sirosis adalah kerusakan hati jangka panjang atau kronis yang menyebabkan luka pada hati. Penyakit ini dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan selama bertahun-tahun, dimana hati menjadi menyusut dan mengeras. Dalam keadaan ini tidak akan efektif untuk menghilangkan racun dari tubuh karena akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Manfaat biji pepaya diketahui sebagai pengobatan yang efektif untuk sirosis hati.

Cara Penggunaan

Salah satu metodenya adalah dengan menggiling sekitar lima biji kering dalam gilingan merica atau menghancurkan dengan lesung atau alu. Campuran dengan satu sendok makan air jeruk nipis segar. Namun berkonsultasi dahulu dengan dokter yang sedang merawat sirosis hati anda.

4. Biji pepaya dapat mengatasi uban

Bubuk biji pepaya yang dikeringkan dan telah ditumbuk halus dipercaya dapat membantu menghilangkan uban di rambut. Gunakan secara rutin untuk pada saat mandi lalu keramas dengan air bersih agar uban hilang dan tidak menjadi jadi.

5. Kopi biji pepaya sikat racun dan kolesterol

Tak banyak yang tahu bahwa biji pepaya yang biasa kita buang, ternyata punya segudang manfaat. Salah-satunya, untuk menyingkirkan racun-racun yang menumpuk di usus dan lever kita. Penelitian menunjukkan, racun bisa menumpuk hingga seberat delapan kilogram dalam usus kita.

Ekstrak biji pepaya bahkan mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal. Biji pepaya juga mampu membunuh parasit dalam bersarang dalam pencernaan.

Efek Samping

Walaupun manfaat biji pepaya untuk kesehatan telah dikembangkan, namun ada beberapa yang harus anda perhatikan efek sampingnya. Sebagai tindakan pencegahan, wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi biji pepaya. Ada juga beberapa penelitian hewan yang dapat menunjukkan pengurangan terhadap kesuburan seorang pria.  Terlepas dari itu, karena substansi dan dengan efek fisiologis yang kuat, maka yang terbaik adalah jangan mengkonsumsi biji pepaya secara terus menerus selama beberapa bulan.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan