11/11/2015 10:19:08
Info Kesehatan

Bahaya Sinusitis Pada Anak

Sinusitis akut dapat disebabkan oleh kerusakan lapisan rongga akibat infeksi atau tindakan bedah. Sedangkan sinusitis kronis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Sinusitis bisa berbahaya jika dibiarkan begitu saja baik sengaja ataupun tidak sengaja, tanpa diperiksakan ke dokter.

Untuk itu sobat Dokcil perlu mengetahui ciri penyakit sinusitis dan bahaya penyakit sinusitis. Karena dengan mengetahui ciri-cirinya, sobat Dokcil bisa segera mengambil tindakan yang dibutuhkan, misalnya pergi ke dokter, agar terhindar dari bahaya penyakit sinusitis.

Di dalam jaringan kepala atau wajah kita terdapat saluran yang menghubungkan rongga hidung dengan ronga mata, jika saluran ini mengalami peradangan berarti kita mengalami gangguan sinusitis.

Peradangan ini biasanya disebabkan tersumbatnya saluran rongga (seperti hidung tersumbat) akibat infeksi virus flu. Sobat Dokcil harus waspada jika anak atau kerabat mengalami pilek berkepanjangann yang  disertai dengan sakit kepala yang tak kunjung sembuh.

Hal ini merupakan salah satu gejala sinusitis. Sinusitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada rongga sinus dan diakibatkan oleh beberapa penyebab seperti bakteri, infeksi virus, perdangan pada saluran hidung, jamur serta beberapa penyebab penyakit lainnya seperti asma, gangguan sistem kekebalan dan penderita kelainan sekresi lendir, rinitis alergika, dll.

Seseorang yang terkena sinusitis harus segera diatasi dengan cepat, karena jika tidak dapat menjalar ke organ tubuh disekitarnya seperti berakibat pada peradangan selaput otak.

Beberapa gejala yang menandai sunistisa, diantaranya adalah rasa sakit atau adanya tekanan di daerah dahi, pipi, hidung dan diantara mata, sakit kepala yang tak kunjung sembuh, demam, hidung mampet, berkurangnya indra penciuman, batuk, dan biasanya akan memburuk saat malam, nafas berbau (halitosis), Sakit gigi, dll.

Berbagai alternatif pengobatan bisa dilakukan untuk mengobati sinusitis, dengan obat untuk sinusitis anak yang telah terbukti khasiatnya serta tidak akan menimbulkan efek samping ataupun efek ketergantungan.

Hal ini dikarenakan kandungan gizi lengkap didalam obat sinusitis anak mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak serta mampu membentuk kekebalan tubuh.

Sinusitis (infeksi sinus) terjadi jika membran mukosa saluran pernapasan atas (hidung, kerongkongan, sinus) mengalami pembengkakan. Pembengkakan tersebut menyumbat saluran sinus yang bermuara ke rongga hidung. Akibatnya cairan mukus tidak dapat keluar secara normal. Menumpuknya mukus di dalam sinus menjadi faktor yang mendorong terjadinya infeksi sinus.

Infeksi sinus yang berlangsung singkat disebut sinusitis akut. Gejalanya adalah sulit bernapas melalui hidung. Jika penderita menunduk ke depan, nyeri berdenyut akan terasa di sekitar wajah. Gejala lain adalah sakit kepala, demam atau batuk, dan perasaan bengkak di mata dan wajah.

Sinusitis paling sering disebabkan oleh virus, misalnya virus common cold. Walaupun demikian, bakteri dan jamur juga dapat menjadi penyebab. Jika infeksi saluran pernapasan yang menyertai sinusitis berlangsung lebih dari 14 hari, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah bakteri, bukan virus.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Bahaya Sinusitis Pada Anak