04/12/2015 17:40:25
Info Kesehatan

Daun Kemangi Punya Banyak Khasiat dan Manfaat

Sobat Dokcil, pasti kalian semua sudah tidak asing lagi bila melihat bentuk daun kemangi. Daun ini biasa dimakan sebagai lalap, dan juga di sajikan bersama dengan irisan ketimun, kol, serta sambal untuk disantap bersama ayam goreng ataupun ikan goreng. juga merupakan bumbu yang digunakan pepes, memiliki aroma kuat, khas namun lembut dengan sedikit aroma limau. Dalam bahasa latin, kemangi dikenal dengan nama O. basilicum var. anisatum benth, kandungan sintral pada daunnya tinggi sehingga menimbulkan aroma nya yang khas

Selain dapat digunakan sebagai bumbu masak, daun kemangi juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan :

Manfaat Daun Kemangi

1.     Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita.

2.    Dapat melancarkan aliran darah, karena kandungan magnesium yang terdapat dalam kemangi membantu membuat pembuluh darah dan jantung menjadi rileks, dan aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar.

3.     Untuk Mencegah batuk. Di India dan sebagian wilayah di Afrika, daun kemangi diseduh menjadi teh. Teh kemangi disajikan pada saat pergantian musim, saat masyarakat setempat mudah terserang batuk, pilek, atau demam.

4.       Untuk mencegah adanya kemandulan, ternyata kemangi memiliki kandungan zat arginin yang berfungsi untuk membuat daya hidup sperma semakin kuat, tentu nya untuk mencegah kemandulan.

5.     Daun ini mengandung magnesium dan juga beta karoten untuk menjaga kesehatan jantung, ini adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh jantung.

6.     Dapat mengobati sariawan, caranya adalah dengan mengunyah daun kemangi dan memakannya lalu minum air hangat, lakukan 3 kali sehari dan lihat hasilnya.

7.     Dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh dapat dengan menkonsumsi khasiat daun kemangi, ternyata hal ini karena mengandung beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan respon antibodi, beta karoten juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.

8.     Membantu perkembangan tulang, ternyata juga dapat membantu perkembangan tulang kita, karena  manfaat daun kemangi memiliki kandungan fosfor dan kalium yang baik dalam pembentukan serta perkembangan tulang anda, dan daun ini dapat mencegah tulang keropos.

9.    Untuk mengobati panu, panu juga bisa disembukan dengan cara menghaluskan daun kemangi yang harus di cuci bersih, campurkan dengan sedikit kapur sirih dan oleskan pada bagian yang terkena panu.

10.  Untuk Anti radang. Kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.

11.  Para perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan begitu, kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal.

Ternyata banyak sekali manfaat serta khasiat daun yang biasa kita temukan sebagai lalap atau daun yang biasa menjadi pendamping ayam goreng ya sobat Dokcil. Semoga ulasan tersebut bermanfaat, dan salam sehat.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Daun Kemangi Punya Banyak Khasiat dan Manfaat