08/12/2015 18:02:33
Info Kesehatan

Tips Tetap Sehat Menghadapi Musim Hujan

Sobat Dokcil, biasanya ketika mulai menginjak akhir tahun hingga menjelang bulan baru ditahun baru iklim di Indonesia terasa dingin, dan hujan terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam hari. Terjadinya pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya.

Penyakit yang menjangkit dimusim penghujan ini bukan hanya rentan menyerang orang dewasa, anak-anak juga justru lebih beresiko. Beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan diantarnya flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit juga penyakit lebih berbahaya yaitu demam berdarah. Jika penyakit tersebut menjangkit tubuh kita, akibatnya aktifitas sehari-hari akan terganggu dan terhambat. Maka dari itu, kita harus memiliki cara yang tepat agar tetap sehat di musim hujan.

Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan saat musim hujan :

1.    Konsumsi Vitamin

Saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Untuk itu, konsumsi vitamin terutama vitamin C amat dianjurkan. Kandungan vitamin C ini bisa juga anda peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk & buah strawberry. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin dapat  membantu meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

3.    Bersihkan Lingkungan

Hujan yang terus menerus mengguyur saat musim penghujan membaut klingkungan menjadi kotor. Untuk itu, bersihkan lingkungan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang untuk kuman dan bakteri berkembang biak. Misalkan dengan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, dll.

4.    Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Udara dingin saat musim hujan sering menjadika alasan rasa haus jarang terjadi, dan akhirnya seringkali anda melewatkan mengkonsumsi air putih secara cukup. Namun faktanya baik musim kemarau maupun musim penghujan kebutuhan cairan dalam tubuh tetap saja sama. Oleh sebab itu, pastikan jika anda tetap mengkonsumsi cairan sedikitnya 1,5 liter perhari. Apabila bosan mengkonsumsi air putih, bisa diubah menjadi teh tawar hangat atau air jahe yang akan membuat tubuh terasa lebih hangat.

5.    Jaga Asupan Makanan

Tetap jaga asupan makan sehat anda terutama saat musim penghujan. Ada baiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya konsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya.

6.    Makanlah Ketika Lapar

Suhu yang dingin  saat musim penghujan biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar. Namun, metabolism saat musim ini menjadi lebih lambat daripada biasanya. Jika anda terus-terusan menuruti nafsu makan yang begitu besar tanpa didukung dengan metabolisme yang baik, hal tersebut dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Selain itu, usahakan untuk tidak menuruti nafsu mengemil saag perut belum terlalu merasa lapar. Perut yang secara-terus menerus diisi tanpa ada proses pembakaran yang seimbang tentunya tidak akan membawa dampak baik untuk kesehatan anda.

7.    Perhatikan Pola Tidur

Udara dingin saat musim penghujan mengundang rasa kantuk. Namun, gunakan waktu istirahat dengan tidur secukupnya, dan jangan tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Tetapi, hindari juga begadang atau tidur terlalu malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastika jika anda memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari.

Sobat Dokcil, itulah beberapa tips agar tubuh tetap sehat saat musim penghujan, juga terhindar dari resiko terjangkitnya penyakit yang tidak kita inginkan. Dengan tubuh sehat, aktifitas kita sehari-hari pun tidak akan terhambat. Semoga bermanfaat dan salam sehat sobat Dokcil.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Tetap Sehat Menghadapi Musim Hujan