18/12/2015 05:27:49
Info Kesehatan

Anemia Bukan Penyakit Sepele

Mendengar kata anemia pasti sudah tidak asing lagi bagi sobat Dokcil. Anemia atau kurang darah adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Akibat dari anemia adalah transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekuranga oksigen guna mengahasilkan energi. Akibatnya, tubuh akan merasa cepat lelah, pucat, gelisah, dan terkadang sesak. Serta ditandai dengan warna pucat di beberapa bagian tubuh seperti lidah dan kelopak mata.

Penyebab umum dari anemia antara lain; kekurangan zat besi, pendarahan usus, pendarahan, genetik, kekurangan vitamin B12, kekuarangan asam folat, gangangguan sunsum tulang.

Anemia dan kecemasan sangat berhubungan. Biasanya gejalanya dimulai dari detak jantung yang tidak beraturan, pusing dan diikuti oleh serangan kepanikan. Jadi terkadang, antara gejala anemia dan depresi bisa saling tindih. Untuk itu biasanya seorang psikiater memeriksa secara lengkap kondisi pasiennya, termasuk tekanan darahnya.

Jangan pernah menganggap sepele anemia, karena biasanya anemia adalah manifestasi dari suatu penyakit yang lainnya. Sebagai contoh, anemia bisa jadi karena adanya masalah pada ginjal atau inflamasi arthritis dan bisa juga karena tiroid yang kurang aktif. Anemia juga bisa menjadi indikasi awal kanker yang dipicu oleh  kekurangan zat besi. Zat besi merupakan mikroelemen yang esensial bagi tubuh, terutama untuk pembentukan hemoglobin.

Pencegahan anemia kekurangan zat besi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sumber zat besi, baik dari sumber hewani maupun sumber nabati. Sumber hewani seperti hati, daging, unggas, ikan. Sumber nabati seperti sayuran hijau. Pencegahan anemia juga dapat dilakukan mengkonsumsi suplemen zat besi, tidur cukup, olahraga dan mengurangi konsumsi makanan yang menghambat penyerapan zat besi seperti teh dan kopi.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Anemia Bukan Penyakit Sepele