04/01/2016 23:43:46
Info Kesehatan

Ragam Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Minyak zaitun atau yang sering disebut dengan olive oil merupakan minyak yang terdapat pada buah zaitun. Minyak zaitun adalah sebuah minyak yang didapatkan dari buah zaitun dan merupakan minyak yang sangat sehat karena mengandung minyak tak jenuh yang tinggi. Ada 3 jenis minyak zaitun, mulai dari minyak zaitun biasa, virgin, dan extra virgin. Untuk membedakan setiap jenis tersebut dapat dilihat dari proses pengolahan dan juga kualitas buah zaitun yang diperas untuk diambil minyaknya.

Didalam minyak zaitun terdapat berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu kandungan dalam minyak ini adalah omega 9 atau asam oleat. Karena kandungan ini merupakan lemak tak jenuh tunggal maka salah satu manfaat minyak zaitun yakni mengatasi atau menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung anda dapat mengonsumsi minyak zaitun 2 sendok makan perharinya. Kandungan lemak tak jenuh dan antioksidan dalam minyak ini secara tidak langsung akan menjaga kesehatan jantung anda.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL

Apabila kada kolesterol jahat dalam tubuh anda tinggi, anda dapat mengonsumsi minyak zaitun secara rutin guna mengatasinya karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Dapat menurunkan berat badan

Apabila anda ingin menurunkan berat badan, anda dapat mulai mengonsumsi minyak zaitun 1-2 sendok makan setiap harinya. Namun konsumsi minyak ini 2 jam sebelum makan.

4. Mencegah kanker

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah kanker serta dapat membantu untuk mengurangi resiko terserang kanker. Senyawa yang bernama hidroksitirosol yang terdapat pada antioksidan sangat baik untuk membantu dalam menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh sehingga nantinya dapat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel yang tidak normal penyebab kanker.

5. Mencegah diabetes

Salah satu manfaat minyak zaitun yaitu dapat bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mencegah penyakit diabetes melitus.

6. Mencegah osteoporosis

Minyak zaitun dapat membantu penyerapan kalsium sehingga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

7. Menyehatkan usus

Senyawa yang bernama Oleuropein Aglycone dalam minyak zaitun dapat berperan dalam menjaga suplai darah ke bagian usus. Senyawa tersebut dapat mengurangi risiko kerusakan yang terjadi pada jaringan usus yang disebabkan oleh gejala iskemia atau kurangnya aliran darah dalam sel.

8. Mengatasi rambut rontok

Apabila anda mengalami kerontokan rambut cobalah mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa, setelah itu balurkan pada rambut anda. Tunggu beberapa saat kemudian bilas rambut sampai bersih dengan air. Minyak zaitun ini dapat menekan hormon DTH penyebab rambut rontok.

9. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan karena berbagai faktor. Nah untuk mengatasinya anda dapat mencoba mengoleskan minyak zaitun pada bibir anda.

10. Menjaga kesehatan kulit

Minyak zaitun ini mengandung anti oksidan yang digunakan untuk mencegah kerusakan sel. Hal inilah yang dapat membuat kulit terhindar dari penuaan dini.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ragam Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan