07/01/2016 04:55:51
Info Kesehatan

Atasi Kapalan Dengan Cara Alami

Istilah Kapalan pasti sudah familiar bagi sobat Dokcil. Kapalan merupakan penebalan dan pengerasan lapisan kulit yang terjadi karena respon pertahanan kulit terhadap gesekan dan tekanan yang terjadi terus menerus. Umumnya penebalan kulit ini terdapat di bagian tangan dan jari-jari yang biasanya sering kontak dengan benda-benda , tumit dan sisi kaki atau telapak kaki karena bagian kulit itu setiap hari bergesekan dengan sepatu/sandal sempit. Dengan terbentuknya kapalan pada kulit maka kulit akan terlindungi dari luka atau lecet ketika bergesakan lagi dengan benda-benda yang lebih keras atau kasar. Oleh karena itu, pada orang yang sehat kapalan ini tidaklah berbahaya dan tak perlu di hilangkan.

Suatu ketika kapalan dapat menimbulkan ketidaknyamanan atau masalah seperti nyeri atau rasa sakit dan mengganggu penampilan, maka hal itu harus diatasi. Berikut adalah cara alami untuk menghilangkan kapalan :

1. Rendam kaki dalam air hangat selama kurang lebih setangah jam, kemudian gosok kulit kaki dengan sikat lembut atau menggunakan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan hal ini 2-3 kali dalam seminggu.

2. Gunakan pelembab yaitu lotion atau minyak zaitun agar kulit kaki atau tangan tetap terjaga kelembabannya.

Beberapa bahan alami berikut ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kapalan, yaitu sebagai berikut :

·         Lemon

Perasan jeruk lemon segar bisa mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul pada kapalan. Caranya, bersihkan area yang mengalami kapalan, lalu oleskan area yang kapalan dengan perasan jeruk lemon, dan diamkan selama satu malam.

·         Pepaya mentah

Haluskan beberapa potong pepaya mentah lalu tempelkan pada area yang kapalan, 2-3 kali sehari.

·         Bawang Putih

Haluskan bawang putih kemudian tempelkan pada kapalan, diamkan selama satu malam.

·         Kentang

Parutan kentang tempelkan di bagian yang kapalan dan tutup dengan kain kassa, lalu diamkan selama 2-3 jam.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Atasi Kapalan Dengan Cara Alami