28/01/2016 11:24:59
Info Kesehatan

Tanaman Ini Bisa Mengusir Nyamuk

Selama musim hujan khususnya dengan curah hujan tinggi dan mengakibatkan banjir, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap penyakit yang biasa muncul. Saat musim hujan, biasanya akan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk aedes aegypti yaitu nyamuk penular penyakit demam berdarah. Hal ini dikarenakan pada saat musim hujan banyak sampah misalnya kaleng bekas, ban bekas serta tempat-tempat tertentu terisi air dan terjadi genangan untuk beberapa waktu. Genangan air itulah akhirnya menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut.

Saat musim kemarau tiba, lingkungan tidak kalah rentan dari serbuan nyamuk. Karena genangan air tempat bersarangnya nyamuk saat musim kemarau meskipun sedikit tapi kondisinya lebih tenang yaitu tidak mengalir, sehingga membuat nyamuk bisa bersarang lebih tenang dan perkembangbiakannya pun bisa lebih banyak. Selain mengganggu tidur, nyamuk juga membawa aneka penyakit, seperti demam berdarah, chikungunya, dan malaria.

Untuk menghindari masalah penyakit akibat nyamuk, masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi secara aktif melalui gerakan 3 M yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat. Selain itu, cara mencegah nyamuk dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tanaman yang memiliki kemampuan mengusir nyamuk yang aman bagi kesehatan dan lingkungan, yaitu sebagai berikut :

Lavender

Bunga Lavender (Lavandula agustifolia) memang meiliki penampilan yang menarik. Berwarna ungu kecil-kecil dan bergerombol diujung tangkai. Tanaman asal Pegunungan Alpen, Swiss, ini memang sudah dikenal sebagai bahan baku lotion anti-nyamuk. Tanaman berbunga ungu ini tidak disukai nyamuk karena mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Untuk menghindari gigitan nyamuk, cukup gosokkan bunga lavender ke tubuh.

Zodia

Zodia adalah tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman ini termasuk famili Rutaceae, yang mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang berfungsi sebagai penghalau nyamuk yang mampu bertahan selama 6 jam. Masyarakat Papua biasa menggosokkan daun ini pada tubuh sebelum masuk hutan untuk menghindari serangga. Untuk menghindari serbuan nyamuk ke dalam rumah, letakkan zodia di titik akses masuknya angin ke dalam ruangan. Hindari meletakkan zodia di ruangan sempit dengan sirkulasi udara terbatas, karena aromanya dapat membuat pusing.

Geranium

Geranium alias Tapak Dara atau pelargonium Hortorum, mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Tanam geranium di dalam pot dan letakkan di tempat yang terkena embusan angin. Saat daun-daun Geranium bergesekan, aromanya akan tercium dan membuat nyamuk pergi. Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak geranium radula mampu menolak nyamuk aedes aegypti. Dapat dioleskan ke bagian tubuh dan tidak membuat iritasi.

Rosemary

Selain dijadikan aroma penyedap makanan, tanaman ini juga bisa mengusir nyamuk serta serangga yang membahayakan bagi tanaman. Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak telon yang tidak disukai nyamuk. Tamanan ini tumbuh baik di bawah sinar matahari, tetapi saat diperlukan Rosemary bisa letakkan di dekat jendela. Untuk pemanfaatannya, gosokkan daunnya yang berbentuk jarum pada kulit.

Serai

Serai yang biasanya dipakai untuk bumbu masak dan bahan pencampur jamu ini ternyata mampu membunuh nyamuk, karena mengandung zat geraniol dan sitronelal. Karena kandungannya tersebut, tumbuhan yang masuk jenis rumput-rumputan ini mulai digunakan sebagai bahan lotion anti-nyamuk.

Kemangi

Tanaman yang biasa jadi santapan pendamping ayam dan ikan goreng ini ini ternyata ampuh mengusir nyamuk dan lalat. Caranya dapat dilakukan dengan menaruhnya dalam wadah di dekat pintu atau area luar rumah. Anda juga bisa membuat spray dari basil segar. Tuangkan  4 ons air mendidih dalam 4 sampai 6 ons daunnya. Biarkan dulu selama beberapa jam, lalu tuangkan 4 ons vodka dengan air basil tersebut. Simpan di kulkas dan cairan itu pun bisa disemprotkan. Dengan catatan, jangan sampai mengenai mata, mulut dan hidung anda.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tanaman Ini Bisa Mengusir Nyamuk