04/04/2016 17:58:09
Info Kesehatan

Ketahui Penyebab Dan Cara Mengobati Bisul

Bisul adalah penyakit pada kulit dengan ciri-ciri timbulnya benjolan merah yang terasa sakit, panas dan berisi nanah. Benjolan tersebut muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu lubang tempat rambut tumbuh. Penyebab utama terbentuk bisul adalah infeksi dari bakteri staphylococcus aureus, yaitu sejenis bakteri yang dapat ditemukan pada hidung dan kulit. Bakteri tersebut berjumlah sangat banyak yang mengakibatkan terbentuknya mata bisul di tengahnya dan telah bercampur dengan sel darah putih.

Bisul juga terjadi sebagai reaksi pertahanan untuk menghindari benda yang dapat menyebar di tubuh. Benda asing atau organisme dapat membunuh sel-sel di sekitar tubuh sehingga akibatnya toksin muncul dan menyebabkan radang. Sel darah putih mengalir menuju toksin, lalu terjadinya peningkatan aliran darah di area toksin tersebut.

Daerah timbulnya bisul biasanya adalah lipatan tubuh seperti pada ketiak atau lipatan pangkal paha, namun bisa juga terjadi pada bagian permukaan kulit lainnya seperti pantat, muka, leher atau bagian lainnya. Bisul dapat menyebar atau menular dengan sangat cepat karena semakin berkembangnya bakteri. Bisul dapat tumbuh di semua bagian kulit yang berambut atau berbulu, inilah alasan mengapa tidak ditemukan bisul di bagian telapak kaki dan tangan, kaki, bibir, lidah dll.

Penderita bisul sangat penting untuk memperhatikan pola hidup bersih, seperti mengontol pakaian yang sering dipakai yaitu selalu mengganti pakaian secara dan saat berkeringat, membiasakan mencuci wajah dan tangan setelah melakukan aktivitas keluar. Pantangan lain dalam hal pola makan juga sangat penting dengan menghindari makanan yang berprotein tinggi seperti telur, juga dari makanan laut, ikan asin, makanan berbau amis, ataupun makanan yang dapat menyebabkan alergi.

Cara mencegah agar bisul dapat sembuh dalam waktu cepat adalah dengan melakukan seperti tidak memencet secara langsung melainkan melalui pengompresan bisul tentunya dengan tangan yang bersih, membiarkan bisul pecah dengan otomatis lalu membersihkan cairan yang keluar dengan alat bersih agar tidak menular ke kulit tubuh lain.

Pengobatan bisul secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan salep bahan alami, obat herbal atau obat tradisional berbahan dasar dedaunan (daun cabe, daun bayam, atau daun belimbing), daging lidah buaya, getah kamboja, daun kamboja, kemudian untuk diminum dapat menggunakan daun pare, atau daun murbei yang direbus dahulu lalu diminum.

Mengobati bisul sendiri juga dapat dilakukan dengan kompresan air hangat. Caranya adalah dengan menempelkan waslap hangat atau kompres ke daerah kulit yang terkena bisul selama 15 menit beberapa kali sehari. Cara ini akan membantu bisul cepat matang, mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan. Jika mata bisul sudah terlihat matang dan sobat Dokcil tidak tahan dengan rasa gatalnya, jangan pernah mencoba untuk memencetnya sendiri karena akan mempermudah penyebaran infeksi. Lebih baik periksakan ke dokter dan konsultasikan keluhanmu ya.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ketahui Penyebab Dan Cara Mengobati Bisul