12/04/2016 17:54:03
Info Kesehatan

Gejala Dan Bahaya Kanker Tulang

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang terkenal akan bahayanya, juga tidak mengenal usia. Jenis penyakit ini bermacam-macam, salah satunya adalah kanker tulang. Hampir seluruh tulang yang terdapat di tubuh kita bisa terserang kanker. Penyakit kanker tulang ini diakibatkan oleh adanya virus kanker yang menyerang atau menggerogoti bagian tulang yang ada di tubuh kita.

Gejala kanker tulang ditandai dengan adanya benjolan pada tulang, dan yang biasanya dirasakan oleh penderita adalah rasa nyeri pada tulang, bengkak di atas tulang, nyeri pada dada, batuk, demam, tubuh menjadi lemah dan berat badan menurun. Seseorang yang menderita kanker tidak hanya terlihat dari perubahan fisiknya, tetapi kerap emosinya menjadi lebih tinggi.

Secara umum penyakit kanker tulang dibagi menjadi kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer merupakan kanker tulang yang berasal atau disebabkan oleh sel-sel kanker yang berasal dari tulang itu sendiri, kemudian menyebar ke bagian tulang lainnya. Sedangkan kanker tulang sekunder adalah kanker tulang yang disebabkan oleh sel-sel kanker yang berasal dari organ lain dan menyebar ke tulang, misalnya kanker paru-paru yang menyebar ke tulang dan menjadi kanker tulang.

Selain kanker paru-paru, ada juga beberapa jenis penyakit kanker yang dapat menyebabkan sel-sel kanker menyebar pada tulang-tulang rawan dan rentan terhadap serangan sel kanker dari kanker yang sebelumnya ada pada tubuh, yaitu seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Pengobatan penyakit kanker tulang dapat dilakukan dengan cara pembedahan, terapi radiasi dan penggunaan kemoterapi. Pilihan pengobatan kanker tulang tersebut tergantung pada jenis karakter dan tingkat sebaran sel kankernya. Penyakit kanker tulang dapat dicegah seperti halnya penyakit lainnya, dan bisa dilakukan dengan memahami proses terjadinya kanker itu sendiri. Kanker biasanya terjadi akibat adanya zat karsinogen dan radikal bebas dalam tubuh. Oleh sebab itu, kita dapat melakukan pencegahan dengan melakukan pola hidup sehat seperti berikut ini :

   · Lakukan penguatan terhadap tulang dengan cara mengkonsumsi vitamin D atau memanen vitamin D melalui berjemur sebelum pukul 10 pagi di bawah sinar matahari langsung.

     · Konsumsi makanan yang seimbang, yaitu empat sehat lima sempurna. Terutama makanan yang mengandung kalsium alami dengan jumlah yang cukup.

    · Olahraga teratur dapat menguatkan tulang dan membuat komposisi tulang menjadi lebih padat. Lari dan senam adalah olahraga yang direkomendasikan baik untuk tulang.

    · Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan zat karsiogenik atau mengandung zat yang dapat menyebabkan kanker.

    · Hindari kebiasaan merokok dan  mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

 

      Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Gejala Dan Bahaya Kanker Tulang