14/04/2016 14:01:02
Info Kesehatan

Manfaat Daun Ceri Bagi Kesehatan

Buah ceri dikenal dengan rasanya yang manis, dan tampilan warnanya yang menarik. Selain dapat dijadikan sebagai pelengkap olahan makanan manis, buah ceri juga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti membantu mengurangi nyeri otot, membantu otak untuk mengatur tidur, mencegah hilangnya memori serta menunda proses penuaan. Selain buahnya, ternyata daun ceri pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. kandungan-kandungan yang terdapat dalam daun ceri antara lain:

      ·   Tanin, adalah sebagai senyawa metabolit sekunder. Berfungsi untuk mengendapkan protein sehingga dapat digunakan menjadi anti septik, sebagai reagen pendeteksi gelatin, protein dan alkaloid, serta masih banyak fungsi lain dari senyawa tanin.

     ·  Flavonoids, berfungsi sebagai antioksidan dan mampu mencegah kanker. Lavonoid dapat berperan secara langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri atau virus.

      ·    Saponin, adalah glikosida triterpena dan sterol, saponin juga telah terdeteksi dalam lebih dari 90 tumbuhan. Dan daun ceri adalah salah satu yang mengandung saponin yang sangat berguna bagi manusia untuk menurunkan kadar gula.

Dengan menyimak kandungan yang terdapat dalam daun buah ceri, maka dapat diketahui manfaatnya bagi kesehatan :

1. Antibakteri

Para peneliti menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam daun ceri. Dengan demikian tubuh kita menjadi lebih kuat dari serangan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tertentu.

2. Antiseptik

Rebusan daun ceri dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun ceri, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

3. Antioksidan

Selain antibakteri, daun ceri juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

4. Anti tumor dan kanker

Daun ceri berfungsi untuk mencegah tumor dan kanker. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun ini diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Penghilang Rasa Sakit

Beberapa penelitian dengan menggunakan hewan sebagai percobaan pun telah dilakukan, dan hasil dari percobaan tersebut membuktikan bahwa daun ceri mampu meringankan rasa sakit.

6. Menurunkan Kolesterol

Air rebusan dari daun ceri juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya dngan meminum air rebusan daun ceri sebanyak 2 kali sehari.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Manfaat Daun Ceri Bagi Kesehatan