21/04/2016 16:43:09
Info Kesehatan

Obat Alami Bisa Atasi Demam Berdarah

Demam berdarah adalah salah satu penyakit berbahaya, bahkan dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan tepat. Penyakit demam akut yang diakibatkan oleh infeksi virus dengue ini, ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegepty melalui gigitannya. Biasanya penyakit mematikan ini ditemukan di daerah tropis dan subtropics, yang kerap menyerang saat musim penghujan datang.

Menangani penyakit demam berdarah dapat dilakukan dengan menggunakan obat atau resep dari dokter. Selain itu, demam berdarah juga dapat ditangani dengan menggunakan beberapa jenis tanaman obat sebagai obat alami. Berikut adalah beberapa jenis tanaman obat yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi bahaya penyakit demam berdarah :

1. Daun Pepaya Gandul

Ramuan tradisional untuk menangani penyakit DBD salah satunya adalah daun pepaya jantan (pepaya gandul). Daun pepaya mengandung berbagai enzim seperti papain, karpain, pseudokarpain, nikotin, kontinin, miosmin, dan glikosida karposid. Hasil penelitian tentang khasiat daun pepaya menunjukkan bahwa papain pada daun pepaya memiliki efek terapi pada penderita inflamasi atau pembengkakan organ hati. Pembengkakan organ hati ditemukan pada penderita demam berdarah

2. Meniran

Meniran atau phyllanthus niruri memiliki khasiat sebagai obat anti virus dan dapat meningkatkan trombosit darah sehingga baik digunakan sebagai obat alternatif dalam mengatasi demam berdarah dengue (DBD). Senyawa yang terkandung di dalam meniran antara lain adalah triterpenoid, flavoniod, tanin, alkaloid, dan asam fenolat.

3. Kunyit

Kunyit yang memiliki nama latin Curcuma domestica telah lama dimanfaatkan dalam ramuan obat tradisional untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, termasuk mengobati penyakit demam berdarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit memiliki aktivitas sebagai anti mikroba (berspektrum luas), antivirus HIV, anti oksidan, anti tumor (menginduksi apostosis, anti invasi sel kanker, anti reumatoid artritis (rheumatik), dan untuk mengobati penyakit pencernaan (tukak lambung).

4. Temu Ireng

Temu ireng atau curcuma aeruginosa telah banyak dimanfaatkan secara untuk mengobati sel-sel hati yang rusak. Pada penderita demam berdarah, terjadi kerusakan sel-sel hati.

5. Jambu Biji

Jambu biji atau psidium guajava sudah banyak dimanfaatkan untuk mengatasi demam berdarah. Hasil penelitian yang dikutip dari berbagai sumber menunjukkan daun jambu biji juga bermanfaat mengatasi demam berdarah, yaitu terbukti dapat menghambat aktivitas enzim  reverse transcriptase dari virus dengue. Hasil uji klinis menunjukkan pemberian ekstrak kering daun jambu biji selama 5 hari dapat mempercepat pencapaian jumlah trombosit >100.000/µl, pemberian setiap 4-6 jam meningkatkan jumlah trombosit >100.000/µl setelah 12-14 jam.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Obat Alami Bisa Atasi Demam Berdarah