03/05/2016 11:25:29
Info Kesehatan

Buah Nangka Manis dan Menyehatkan

Buah nangka atau buah yang memiliki nama latin “Artocarpus Heterophyllus” adalah buah yang banyak ditanam di daerah tropis. Buah ini memiliki rasa yang manis dan lezat, dan dapat dikonsumsi saat mentah ataupun matang. Ketika masih mentah, buah ini dapat di buat dan dihidangkan menjadi sayuran pelengkap nasi, seperti dibuat gule nangka atau Gudeg yang berasal dari Yogyakarta.

Di balik rasanya yang manis, buah nangka ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nangka mengandung vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, kalsium, potasium, zat besi, dan magnesium.

Berikut adalah beberapa manfaat buah nangka bagi kesehatan:

Baik untuk pencernaan

Buah nangka baik bagi pencernaan tubuh, karena memiliki sifat anti-ulkus yang dapat membantu penyembuhan borok dan gangguan pencernaan. Serat yang tinggi pada buahnya mencegah sembelit dan membantu buang air besar lebih lancar dan teratur. Seratnya juga melindungi selaput lendir usus besar dengan menjauhkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

Mencegah anemia

Buah nangka memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu mencegah anemia. Zat besi juga dapat membantu dalam sirkulasi darah yang tepat pada tubuh kita.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nangka merupakan sumber makanana yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

Mencegah kanker

Selain mengandung vitamin C (antioksidan kuat), nangka juga kaya fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang dapat melawan kanker. Fitonutrien juga dapat membantu menhilangkan radikal bebas penyebab kanker dari dalam tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Nangka merupakan sumber makanan yang kaya akan kalium. Kalium penting bagi tubuh karena membantu menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh dan membantu mengatur tekanan darah, sehingga mengurangi resiko jantung dan stroke.

Menjaga kesehatan mata dan kulit

Buah ini mengandung vitamin A, antioksidan kuat yang bermanfaat untuk penglihatan. Vitamin ini juga menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir serta menaikkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung niasin yang penting dalam menjaga kesehatan kulit dan sistem saraf.

Meningkatkan energi

Nangka dianggap sebagai buah pembangkit energi karena kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang memberikan dorongan energi ketika sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Membantu memperkuat tulang

Buah nangka kaya akan magnesium, nutrisi yang sangat penting dalam penyerapan kalsium. Hal ini dapat membantu tulang tetap kuat dan mencegah gangguan yang berhubungan dengan tulang seperti ostepororsis.

Menjaga kesehatan tiroid

Buah nangka mengandung zat yang sangat penting yaitu tembaga. Tembaga sangat berperan penting dalam metabolisme tiroid, terutama untuk produksi hormon dan penyerapan.

Itulah ulasan dari khasiat buah nangka bagi kesehatan tubuh kita, sobat Dokcil. Semoga bermanfaat.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Buah Nangka Manis dan Menyehatkan