09/05/2016 11:33:58
Info Kesehatan

Manfaat Mendonorkan Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Donor darah adalah menyumbangkan sebagian darah secara sukarela untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan. Semua orang dapat mendonorkan darahnya, jika memenuhi persyaratan yang berlaku. Kegiatan donor darah tersebut adalah salah satu kegiatan PMI yang paling dikenal masyaraka.

Melakukan donor darah merupakan sebagian contoh kecil untuk membantu sesama dan hal tersebut sangat berguna untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Namun, apakah sobat Dokcil tahu bahwa ternyata donor darah tak hanya bermanfaat bagi penerima donor saja tetapi juga memberikan banyak manfaat dibidang kesehatan untuk pendonornya.

Beberapa adalah manfaat yang bisa didapatkan dengan mendonorkan darah bagi kesehatan tubuh kita:

1. Menambah produksi sel-sel darah merah. Mendonorkan darah dapat menambah produksi sel-sel darah merah melalui sumsum tulang belakang yang terus mengisi sel darah merah yang telah hilang.

2. Pembaharuan sel-sel darah secara rutin. Bagi mereka yang konsisten mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca donor darah. Dalam waktu tersebut, volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru.

3. Mencegah resiko terkena penyakit jantung. Penyakit jantung bisa disebabkan kerena tubuh memiliki kelebihan zat besi di dalam darah. Zat besi dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya oksidasi kolesterol sehingga dapat membuat tubuh rentan terkena serangan jantung.

4. Menjadi lebih prima, bugar dan berenergi. Hal ini disebabkan karena sel-sel tubuh terus memperbaiki kinerjanya dalam memproduksi sel darah merah yang hilang.

5. Menurunkan berat badan. Mendonorkan darah berguna untuk menurunkan berat badan karena dengan memberikan darah sekitar 500 ml sama halnya membantu proses pembakaran kalori sekitar 650 gram.

6. Dapat mendeteksi penyakit. Sebelum melakukan donor darah, setiap orang harus memenuhi persyaratan sebagai pendonor sehingga mereka akan diperiksa terlebih dahulu.

7. Keadaan psikologis lebih stabil. Hal ini disebabkan karena ketika sudah melakukan donor darah, seseorang akan mengalami kepuasan psikologi dan rasa tenang karena sudah membantu orang lain yang membutuhkan.

8. Mencegah penuaan dini. Stress menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini pada seorang wanita. Donor darah secara teratur akan membantu kulit beregenerasi secara sempurna. Keriput tidak mudah timbul karena kulit yang selalu mengencang.

Demikianlah manfaat dari mendonorkan darah kita sobat Dokcil. Selamat mencoba.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Manfaat Mendonorkan Darah Bagi Kesehatan Tubuh