20/05/2016 18:46:40
Info Kesehatan

Tanda dan Penyebab Penyakit Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem imun (kekebalan) tubuh yang keliru atau mengalami kelainan, sehingga menyerang sel, jaringan dan organ tubuh sendiri. Jadi, ketika tubuh terkena zat asing tertentu, seperti bakteri dan virus, kemudian sistem imun tersebut juga menyerang jaringan tubuh yang sehat. Hal tersebut dapat dapat menyerang berbagai bagian tubuh, yaitu kulit, sendi, sel darah, paru-paru dan jantung.

Secara umum, tanda dan gejala lupus antara lain:

        Mudah lelah atau rasa lelah berlebihan

        Anemia

        Terjadi demam

        Turun berat badan atau berat badan meningkat

        Terdapat ruam yang membentang di kedua pipi dan berbentuk seperti kupu-kupu

        Luka pada kulit yang timbul atau parah ketika terkena sinar matahari

        Radang pada mulut

        Rambut rontok

        Napas pendek

        Terasa nyeri pada dada

        Mudah memar

        Gelisah

 

Faktor risiko penyakit lupus antara lain:

  1. Jenis kelamin. Lupus lebih umum pada wanita.
  2. Usia. Meskipun lupus dapat berefek pada segala usia, termasuk bayi, anak dan orang dewasa, tetapi lupus paling umum terdiagnosis pada mereka yang berusia antara 15 sampai 40 tahun.
  3. Ras. Lupus umumnya terdapat pada ras Afrika, Hispanics dan Asia.
  4. Sinar matahari. Terkena sinar matahari dapat membawa pada lupus kulit atau memicu respon internal pada mereka yang rentan.
  5. Obat tertentu. Obat tertentu yang digunakan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan drug-induced lupus. Banyak obat yang secara potensial dapat memicu lupus, sebagai contoh antara lain adalah antipsychotic chlorpromazine; obat tekanan darah tinggi, seperti hydralazine; obat tuberculosis isonoazid dan obat jantung procainamide. Biasanya membutuhkan jangka waktu penggunaan dalam beberapa bulan sebelum gejala timbul.
  6. Terinfeksi virus Epstein-Barr. Merupakan virus yang biasanya tertidur di dalam sel dari sistem imun anda meskipun tidak jelas alasan mengapa dan apa yang membuat virus tersebut aktif kembali.
  7. Terkena zat kimia. Beberapa studi menunjukkan bahwa mereka yang bekerja dan rentan terekspos merkuri dan silica memiliki peningkatan risiko lupus. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami lupus.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tanda dan Penyebab Penyakit Lupus