17/06/2016 19:04:12
Info Kesehatan

Awas, Duduk dengan Menyilangkan Kaki Berbahaya

Aktivitas duduk merupakan suatu kegiatan yang selalu kita kerjakan, bahkan ada sebagian orang yang beraktivitas dengan posisi duduk sampai berjam-jam bahkan sampai seharian. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah selama dibarengi dengan minum yang cukup terutama air putih dan kegiatan olahraga. Seringkali kita menemukan, sebagian besar dari kita khususnya bagi kaum hawa sangat menyukai posisi duduk di kursi sambil menyilangkan kaki di lutut walaupun tidak sedikit juga para pria yang melakukan hal itu. Namun yang perlu menjadi perhatian kita adalah, ternyata posisi duduk dengan menyilangkan kaki dilutut bukanlah posisi yang baik untuk kesehatan Anda. Ada berbagai hal yang patut Anda ketahui jika Anda sering melakukan aktivitas duduk dengan posisi tersebut.

Kemudian yang menjadi pertanyaan, apa sih sebenarnya efek buruk posisi duduk tersebut pada kesehatan? Nah, berikut ini admin kemukakan beberapa informasi menarik yang terkait dengan hal ini yang diambil dari beberapa sumber. Mengenai benar atau tidaknya, ada beberapa studi yang mencoba untuk membuktikannya. Berikut penjelasannya

1. Duduk menyilangkan kaki dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Untuk pernyataan pertama ini adalah benar adanya. Beberapa studi kasus telah menemukan dan membuktikan bahwa meletakkan satu kaki di atas kaki yang lain ketika duduk dapat menghasilkan lebih tinggi tekanan darah. Meskipun tekanan darah tinggi atau hipertensi ini tidak berlangsung lama. Dalam beberapa studi yang melakukan pengujian tindak lanjut terhadap tekanan darah dengan melakukan pembacaan tekanan darah pada tiga menit pertama setelah peserta meluruskan kaki mereka dan menempatkan kaki mereka kembali rata di lantai. Mendapatkan hasil, bahwa tekanan darah mereka telah kembali ke tingkat yang normal.

2. Duduk dengan posisi menyilangkan kaki bisa menyebabkan varises.

Untuk pernyataan yang satu ini, sebenarnya hanya merupakan sebuah mitos. Setidaknya sudah ada 12 penelitian besar yang telah melakukan penelitian tentang berbagai macam faktor risiko untuk varises, dan kegiatan duduk dengan posisi menyilangkan kaki ternyata tidak termasuk ke dalam salah satu faktor penyebab timbulnya varises.

Penyakit atau gangguan varises disebabkan oleh katup yang melemah di pembuluh darah yang biasanya mengontrol aliran darah. Ketika katup ini melemah, darah menjadi tidak bisa bergerak dengan baik dan akhirnya menjadi kolam atau benjolan di bagian bawah kaki Anda. Hal inilah yang kemudian menciptakan vena membesar yang disebut varises.

3. Duduk menyilangkan kaki dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Memang benar dan mungkin Anda juga pernah mengalaminya bahwa menyilangkan kaki Anda dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kaki mati rasa. Tapi ternyata ini hanya bersifat sementara. Mati rasa ini disebabkan karena penempatan tekanan pada saraf peroneal belakang lutut ketika kaki dalam posisi disilangkan. Sebuah kondisi yang disebut kelumpuhan saraf peroneal dapat berkembang ketika tinggal di posisi yang sama untuk waktu yang lama. Jika hal itu menjadi parah, mungkin Anda akan berjalan dengan menyeret kaki Anda. Kondisi ini terjadi paling sering dialami  oleh orang-orang yang terbaring di tempat tidur atau kursi roda terikat dengan gerakan terbatas.

 

Dikutip dari blogdokter.net

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Awas, Duduk dengan Menyilangkan Kaki Berbahaya