11/08/2016 17:06:26
Info Kesehatan

Pentingnya Tidur Agar Sehat

Apakah lama tidurmu sudah tujuh sampai delapan jam setiap malam? Tahukah kamu bahwa orang dewasa membutuhkan tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam agar tetap sehat? Kebanyakan dari kita jarang memberikan kesempatan bagi tubuh untuk tidur yang cukup sehingga berpengaruh terhadap kondisi fisik dan mental.

Pada penderita kanker, tidur yang cukup dapat meningkatkan respon tubuh terhadap pengobatan dan mempercepat pemulihan. Tidur yang cukup juga membuat kamu tidak mudah terinfeksi virus seperti virus flu dan cold.

Para ahli menemukan bahwa saat tidur, sistem imun kita melepaskan protein yang disebut cytokines. Protein ini membantu tubuh mengatasi stress, melawan infeksi dan mengurangi terjadinya proses inflamasi di dalam tubuh. Saat tubuh kurang tidur, protein pelindung dan beberapa sel penghadang infeksi lainnya mengalami penurunan produksi.

Tubuh membutuhkan tidur yang cukup untuk melawan infeksi dan inflamasi. Dalam jangka panjang, kurang tidur tidak hanya melemahkan sistem imun tetapi juga menyebabkan kamu berisiko menderita masalah kesehatan khronis seperti kegemukan, diabetes dan sakit jantung.

Kurang tidur juga berpengaruh terhadap pikiran. Tidur membantu mengistirahatkan pikiran dan persiapan untuk aktivitas di hari berikutnya. Tidur juga penting agar memori dan daya belajar lebih baik pada keesokan harinya. Jika kamu kurang tidur, kamu akan mengalami masalah dalam daya ingat dan konsentrasi. Kondisi ini tentu akan menganggu proses belajar kamu di sekolah. Kurang tidur juga menyebabkan kamu mudah cemas dan emosian.

Jadi, tidur sangat penting bagi tubuhmu dan pikiranmu. Berikut beberapa hal yang kamu bisa lakukan agar tidurmu lebih sehat.

  • - Disiplinlah dengan jadwal tidurmu. Jangan pernah melanggar jadwal ini walau hanya di akhir pekan.
  • - Perhatikan apa yang kamu makan dan minum sebelum tidur. Hindari makanan atau minuman yang membuat tidurmu terganggu.
  • - Tidurlah secara rutin dan lakukan aktivitas sebelum tidur secara rutin.
  • - Tidurlah dengan nyaman dan gunakan tempat tidur hanya untuk kenyamanan tidur.
  • - Jangan terlalu lama tidur di siang hari terutama saat hari menjelang sore.
  • - Berolahragalah setiap hari agar tidurmu lebih nyenyak.
  • - Kelola stress dengan baik.

Dikutip dari blogdokter.net

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Pentingnya Tidur Agar Sehat