30/12/2016 16:36:47
Info Kesehatan

Dibalik Aroma Kopi Yang Harum, Ada Bahaya Dari Kafein

Ketika mendengar kata kafein, biasanya terlintas dipikiran kita akan kopi. Minuman berwarna hitam tersebut, memiliki kandungan utama berupa senyawa kafein. Tetapi sobat Dokcil perlu mengetahui bahwa selain kopi, kafein juga terkandung dalam jumlah besar pada cokelat dan teh. Rasanya yang nikmat, membuat banyak orang menyukai minuman pahit itu. Namun demikian, ada juga orang yang pantang meminum kopi meskipun memiliki aroma yang sedap.

Kafein berbentuk kristal dan merupakan suatu senyawa yang penyusun utamanya adalah senyawa turunan protein yaitu disebut dengan purin xantin. Senyawa purin xantiin untuk kondisi tubuh normal sebenarnya mempunyai berbagai manfaat diantaranya adalahn obat analgetik yang dapat meredakan rasa sakit serta menurunkan demam. Namun, ada beberapa dampak kafein yang dapat menimbulkan penyakit bagi tubuh, diantaranya adalah:

 

1.   Asam Urat

 

Bagi tubuh yang memiliki kelainan hormon metabolisme asam urat, olehnya itu meminum kopi berkafein justru akan memicu terjadinya asam urat tinggi dalam tubuh. Asam urat dapat menimbulkan rasa sakit kronis, bahkan merusak ginjal, sendi dan tulang.

 

2.   Penyakit Jantung dan Hipertensi

 

Dampak kafein untuk kesehatan lainnya adalah dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan hipertensi. Kafein memiliki kecenderungan untuk menghambat aktivitas hormon adenosin yang berfungsi dalam memperlebar pembuluh darah. Akibatnya, dinding pembuluh darah menjadi sempit dan tekanan darah meningkat sehingga terjadilah hipertensi.

 

3.   Memicu Aktifitas Hormone Stress

 

Kafein dapat memicu aktivitas hormon stress. Kortikosteroid yang selanjutnya akan berhubungan dengan aktivitas saraf parasimpatik untuk meningkatkan frekuensi jantung di dalam memompa darah, sehingga denyut jantung menjadi lebih cepat. Denyut jantung yang cepat menambah resiko serangan jantung. Namun kafein yang terdapat pada teh dampaknya tidak seberat kopi, karena pada teh terdapat beberapa komponen lain yang menetralisir efek kafein.

 

Jagalah kesehatan tubuh meskipun sobat Dokcil semuanya gemar dengan rasa dan aroma harum kopi ya, yaitu dengan mengontrol asupan kafein yang masuk tubuh kita.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Dibalik Aroma Kopi Yang Harum, Ada Bahaya Dari Kafein