04/01/2017 10:56:43
Info Kesehatan

Manfaat Padi Bagi Kesehatan

Sobat Dokcil pasti sudah tahu apa itu padi? Padi merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh para petani di Indonesia. Tentu kalian juga mengetahui bahwa bahan makanan yang digunakan untuk membuat hidangan nasi adalah beras, dan beras merupakan bahan makanan yang dihasilkan dari padi. Olahan beras yang sudah menjadi nasi, merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Nasi mengandung karbohidrat yang dapat dijadikan sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun perlu kita ketahui bahwa sebelum diolah menjadi beras dan nasi, padi memiliki banyak manfaat lain, diantaranya adalah :

1.    Selaput biji padi 

Selaput biji padi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit lambung, gangguan pencernaan, mengobati penyakit beri-beri, mengatasi kesemutan dan dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini disebabkan karena selaput biji padi mempunyai sifat yang manis dan netral.

2.    Tangkai buah

Tangkai buah atau yang sering disebut dengan merang dapat mengatasi keguguran dan dapat membersihkan rambut yang kotor.

3.    Biji padi (beras)

Biji padi (beras) dapat digunakan untuk mengobati demam, diare, radang kulit, gondongan, rematik, kesleo, radang payudara dan bisul. Hal ini dikarenakan di dalam biji padi terdapat kandungan seperti vitamin B, enzim, glutelin, dextrin, xylan dan lain sebagainya.

4.    Akar padi

Akar padi dapat digunakan untuk mengatasi keringat yang berlebihan, karena ketika digunakan akar mempunyai sifat yang hangat sehingga dapat menutup pori-pori tubuh yang besar.

Demikianlah ulasan tentang manfaat padi bagi kesehatan. Ternyata, padi yang merupakan bahan dasar untuk membuat hidangan nasi yang kita konsumsi sehari-hari, memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi sobat Dokcil semua.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Manfaat Padi Bagi Kesehatan