06/01/2017 14:01:15
Info Kesehatan

Manfaat Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat memang sangat nyaman di saat sedang musim dingin atau penghujan. Apalagi di saat selesai melakukan aktivitas atau bekerja, maka akan terasa sangat nyaman. Mandi air hangat dengan menggunakan water heater bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Sayangnya, tidak banyak orang yang melakukan mandi air hangat pada malam hari. Banyak dari kita berpendapat bahwa bahwa mandi pada malam hari tidak baik bagi kesehatan. Padahal, mandi pada malam hari terutama dengan menggunakan air hangat justru dapat membuat kita tidur dengan lebih nyenyak dan nyaman. Mandi air hangat pada malam hari baik bagi penderita insomnia yaitu mereka yang kesulitan untuk tidur, juga untuk mereka yang tengah merasa kegerahan hingga susah untuk tidur. Mungkin masih ada yang belum paham bagaimana bisa air hangat dapat membantu agar dapat tidur lebih baik. Berikut adalah beberapa alasanya:

1.    Air hangat dapat menurunkan suhu tubuh.

Kita mungkin pernah merasa setelah mandi air panas badan justru terasa lebih dingin. Ternyata, meski pada saat mandi air panas suhu tubuh kita akan meningkat, namun begitu kita keluar dari kamar mandi, ke ruangan atau kamar tidur dengan suhu yang lebih rendah, maka suhu tubuh kita akan langsung turun. Kondisi ini ternyata akan membuat tubuh mengirimkan sinyal persiapan untuk tidur atau beristirahat.

2.    Membantu fikiran lebih rileks

Di saat setelah melakukan aktifitas, mandi air hangat dapat menjadi solusi untuk merefleksikan badan dan fikiran. Hal ini dilakukan agar membantu mengurangi tingkat stress dalam bekerja dan kegiatan lainya.

3.    Memperlancar aliran darah

Mandi air hangat dapat memperlancar aliran darah dikarenakan dengan air hangat jantung lebih terpacu sehingga memompa lebih cepat dan memperlancar aliran darah. Mandi air hangat yang dilakukan 1-2 kali dalam seminggu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan kesehatan jantungpun juga terjaga.

4.    Menghilangkan nyeri sendi

Setelah melakukan olahraga atau aktifitas yang melelahkan terkadang membuat otot kaku bahkan nyeri sendipun terasa sakit. Mandin air hangat dapat membuat otot menjadi tidak tegang dan nyeri sendi dapat terobati.

5.    Menurunkan tekanan darah

Mandi air hangat dapat menurunkan tekanan darah yaitu dikarenakan jantung berdetak lebih kencang. Akan tetapi, bagi penderita jantung disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai mandi air hangat supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

 

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Manfaat Mandi dengan Air Hangat