03/02/2017 12:52:13
Info Kesehatan

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah jendela dunia. Dengan menggunakan panca indra tersebut, kita dapat melihat hal-hal yang indah serta semua keajaiban yang ada di dunia. Bayangkan jika kita tidak dapat melihat, setiap hari hanya kegelapan yang menemani kita dan itu akan sangat menakutkan bukan? Karena mata adalah organ tubuh pada manusia yang sangat vital, yaitu berfungsi sebagai indra pengelihatan. Maka sangat diharuskan agar kita dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan mata.

Bagi kita yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dll, pasti tingkat polusi di tempat-tempat tersebut sangatlah tinggi. Selain dapat mengganggu kesehatan secara keseluruhan, polusi tersebut juga akan mengganggu kesehatan mata kita. Jika kesehatan mata terganggu, fungsi indra penglihatan juga akan terganggu. Oleh karena itu, penting bagi kita mengetahui cara untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mata.

Untuk dapat menjaga kesehatan mata, Lakukanlah enam cara mudah untuk menjaga keehatan mata:

1. Mengistirahatkan mata dari monitor

Berada di depan komputer sepanjang hari dapat membuat mata kering. Biasakan mengistirahatkan mata setelah mata di porsi dalam urusan pekerjaan atau seringnya anda menatap layar monitor.

2. Gunakan tetes mata

Air mata buatan adalah tetes mata yang dapat diperoleh di apotek. Tetes mata mampu meredakan mata kering dan mengurangi rasa tidak nyaman pada mata. Pilihlah tetes mata yang aman dan tanpa bahan pengawet, yang dapat menyebabkan iritasi mata. Gunakan setiap beberapa jam jika mata terasa sangat kering dan perih.

3. Meningkatkan asupan omega-3

Omega-3 terbukti dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama di mata. Peradangan inilah yang seringkali menjadi penyebab utama mata kering. Atasi dengan meningkatkan konsumsi ikan atau mengambil suplemen minyak ikan.

4. Jangan terlalu lama memakai lensa kontak

Menggunakan lensa kontak juga merupakan salah satu faktor penyebab mata kering. Segera lepas lensa kontak begitu sampai di rumah setelah beraktivitas untuk memberikan waktu bagi mata agar dapat beristirahat lebih lama.

5. Perhatikan obat-obatan yang dikonsumsi

Obat-obatan tertentu, seperti antihistamin untuk alergi, dapat menyebabkan mata kering karena obat tersebut dirancang untuk mengeringkan sinus. Beberapa pil KB juga dapat menyebabkan mata kering. Tanyakan kepada dokter apakah ada pilihan obat lain yang tidak menyebabkan mata kering.

6. Memijat mata

Andrew Weil, MD, direktur Arizona Center for Integrative Medicine dan seorang profesor kedokteran klinis di University of Arizona, menyarankan untuk memijat mata dengan cara ini untuk mencegah mata kering:

- Gosokkan kedua tangan untuk menghangatkannya, kemudian letakkan kedua siku di atas meja dan topanglah mata yang terpejam dengan tumit telapak tangan. Ambil napas dalam-dalam, kemudian terapkan tekanan ringan pada mata. Tahan sebentar kemudian lepaskan.

- Gunakan ibu jari untuk memijat lembut alis, dimulai pada daerah antar alis kemudian pijatlah dengan tekanan ringan sepanjang tulang di bawah alis. Setelah selesai, buka mata lebar-lebar dan tarik napas dalam-dalam.

7. Penerangan yang cukup saat membaca

Usahakan pada saat membaca atau melihat objek sebaiknya menggunakan penerangan seperti lampu, karena dengan minimnya penerangan maka akan menggangu kesehatan mata anda. Karena pada situasi ini mata dipaksa untuk bekerja lebih keras.

8. Hindari membiasakan tangan anda mengucek

Mengucek mata secara langsung adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari, karena tangan adalah sarangnya kuman dan penyakit. Jika hal tersebut dilakukan, maka memungkinkan hal-hal negatif dan berpotensi menimbilkan penyakit akan menempel dan berpindah pada mata anda.

Jagalah kesehatan mata kita dari segala gangguan ya Sobat Dokcil. Hindari hal-hal yang berpotensi menjadi kerusakan mata. Karena tanpa sepasang bola mata, dunia akan terasa sangat gelap.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata