01/03/2017 18:25:56
Info Kesehatan

Bahaya Melakukan Perawatan Gigi Kepada Yang Tidak Ahli

Sobat Dokcil pasti sering melihat tempat-tempat pasang gigi palsu, pasang behel atau jenis perawatan gigi di sepanjang jalan. Banyak dari tempat-tempat tersebut sebenarnya tidak memiliki izin membuka usaha. Ditambah lagi tenaga medis/orang yang melakukan pemasangan behel tersebut tidak memiliki kompetensi di bidang dentist.

Perbedaan yang paling mendasar antara tempat-tempat tersebut dengan dentist yang memiliki izin dan kompetensi di bidang itu sudah pasti adalah harga. Akan tetapi, jangan hanya karena harga kita jadi mengabaikan kesehatan gigi yang sangat penting. Jika kita melakukan tindakan kecantikan atau kesehatan gigi di tempat yang tidak memiliki kompetensi, maka pasien tidak akan diperiksa secara menyeluruh. Karena kita tidak boleh sembarangan terhadap gigi, salah-salah dapat mengalami hal fatal seperti peradangan pada gigi dll.

Namun jika kita melakukan perawatan gigi ditempat yang sudah memiliki pengalaman dan mempunyai lisensi dentist, pasien akan diperiksa secara keseluruhan. Bahkan pasien tidak bisa hanya satu atau dua kali dilakukan pemeriksaan, hal itu dilakukan karena gigi adalah bagian yang sangat sensitif. Dalam akar gigi terdapat sraf-saraf yang sangat berbahaya jika salah ambil tindakan. Karena jika ada kesalahan pada perawatan dan mengenai saraf maka akan sangat fatal. Hal yang mungkin akan kita dapatkan jika salah perawatan dan mengenai saraf seperti kebutaan, radang gusi, diabetes dll.

Maka dari itu, kita tidak diperbolehkan melakukan perawatan gigi secara sembarangan. Lakukanlah perawatan rutin di dokter gigi atau ahli gigi yang memang memiliki kompetensi di bidang tersebut. Karena jika kita salah melakukan perawatan, maka bukan kecantikan gigi yang didapat tapi malah penyakit gigi yang kita rasakan.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Bahaya Melakukan Perawatan Gigi Kepada Yang Tidak Ahli