21/03/2017 10:51:26
Info Kesehatan

Berhentilah Memainkan Smartphone Sebelum Tidur

Bagi sobat Dokcil yang sudah terbiasa memainkan atau menggunakan ponsel pintar sebelum tidur, wajib tau informasi ini ya. Memainkan smartphone sebelum tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan lho. Jadi, mulailah untuk merubah kebiasaan tersebut, agar kesehatan kita bisa tetap terjaga dengan baik.

Berikut adalah angguan kesehatan yang di akibatkan oleh smartphone:

  • - Menatap layar ponsel terlalu lama di malam hari sebelum tidur berpotensi merusak retina mata. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone memiliki gelombang yang mampu mempengaruhi penglihatan.
  • - Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel juga dapat mempengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur. Biasa menggunakan ponsel di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur dan masalah kesehatan lain seperti depresi.
  • - Kekurangan hormon melatonin akibat radiasi sinar ponsel juga akan mempengaruhi asupan antioksidan dalam tubuh. Kurangnya zat antioksidan yang diperlukan tubuh bisa berakibat kurang baik untuk tubuh dan memperbesar risiko terjadinya kanker prostat atau payudara.
  • - Orang yang kurang tidur, metabolisme tubuh dan aliran darah di otak akan terpengaruh sehingga kerjanya tak maksimal.
  • - Melihat layar smartphone dalam kegelapan juga berakibat kurang baik untuk mata. Ini mampu menyebabkan mata jadi tegang dan sakit. Jika dilakukan terlalu lama secara permanen ini mampu merusak mata. 

 

Sekarang sobat Dokcil sudah tau kan betapa bahayanya memainkan ponsel pintar sebelum tidur? Meskipun kebiasaan itu sulit untuk diubah, akan tetapi jika kita konsisten melakukanya pasti kita akan terbiasa walaupun membutuhkan waktu yang tidak singkat. Salam sehat..

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Berhentilah Memainkan Smartphone Sebelum Tidur