24/01/2014 15:26:01

Waspada Obat Pemicu Alergi

Fadlan, bocah usia  usia 3,5 tahun, jika sakit oleh orangtuanya selalu dibawa ke dokter. Namun, setiap minum obat dari resep yang diberikan dokter Fadlan selalu mengalami mata bengkak atau kejang. Ternyata Fadlan alergi obat - obatan. Kasus yang terjadi pada Fadlan, dapat menyerang semua usia, terutama pada anak-anak.

 

Alergi obat dianggap orang pada umumnya sebagai ketidakcocokan obat. Padahal alergi obat terjadi karena obat yang dikonsumsi memancing reaksi daya tahan tubuh yang berlebihan dan sangat kuat sehingga menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan seperti mata bengkak, kejang.

 

Di Indonesia kasus alergi pada anak belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa ahli kesehatan anak memperkirakan sekitar 25-40% anak pernah mengalami alergi makanan.

 

Penyakit alergi yang dilaporkan masih rendah karena masih tingginya kesalahan pemeriksaan dan kurangnya perhatian terhadap alergi dibandingkan dengan penyakit infeksi saluran pernapasan atau diare yang dianggap lebih mematikan.



Reaksi yang terjadi karena alergi obat-obatan seperti gatal-gatal, merah di kulit, bentol-bentol, lemas, sulit bernafas, kejang, bahkan bisa tak sadarkan diri. Ketika reaksi alergi terjadi disarankan orangtua agar segera membawa anaknya ke dokter terdekat, dan ibu wajib mencatat setiap makanan atau kandungan obat pencetus alergi pada anak. Apabila berobat ke dokter jangan lupa untuk memberitahukan alergi obat apa saja yang pernah dialami.

 

Sobat dokterkecil.com, jika kita memiliki alergi obat lebih baik mencatat jenis, merek obat dan selalu membawanya. Karena jika terjadi sesuatu pada diri kita seperti demam, pusing di sekolah, kita bisa menunjukkan kepada guru atau dokter, obat yang perlu dihindari.

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Waspada Obat Pemicu Alergi