27/03/2017 11:31:44
Info Kesehatan

MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT DENGAN MUDAH

Bagi sebagian besar orang termasuk sobat Dokcil pasti pernah mengalami hidung tersumbat bukan? Di saat kita mengalami hal tersebut, pasti rasanya sangat tidak nyaman. Mau dibawa tidur atau dibawa seperti apapun tidak akan enak dirasakan. Apalagi jika di saat hidung tersumbat ditambah kepala terasa pusing, pasti kita akan sangat merasa tersiksa merasakanya. Pasti saat merasakan hidung tersumbat yang terfikirkan oleh kita hanyalah meminum obat flu atau sejenisnya. Hal tersebut malah akan berdampak bahaya, karena kita jadi ketergantungan meminum obat-obatan.

Hidung tersumbat atau lebih dikenal dengan pilek adalah salah satu masalah kesehatan hidung yang sering terjadi pada banyak orang. Ada puluhan produk obat untuk menyingkirkan masalah hidung tersumbat, tapi itu mereka bukan pilihan terbaik. Bagaimana menyingkirkan hidung tersumbat tanpa obat?

Latihan pernapasan adalah salah satu cara yang memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Telah digunakan oleh ribuan pasien yang mempraktekkan terapi pernafasan medis Buteyko, untuk mengurangi pernapasan lewat mulut akibat hidung tersumbat, dan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, dengan cara bernafas yang benar selama 24 jam dalam 7 hari. Cobalah latihan pernapasan sebagai cara cepat untuk menyingkirkan hidung tersumbat Anda.

Latihan pernapasan ini dilakukan dengan cara menahan nafas dan menganggukan kepala (ke atas dan ke bawah). Dalam waktu 1 menit, hidung tersumbat Anda akan hilang. Bagaimana hal tersebut dapat bekerja? Dengan menahan napas dan bernapas sedikit kemudian setelahnya, dapat meningkatkan kadar karbondioksida dalam darah. Hal ini membantu melebarkan otot tubular saluran udara serta pembuluh darah, sehingga meningkatkan suplai darah dan oksigen ke jaringan dan melepaskan kejang pada otot saluran udara.

Setelah hidung tersumbat reda, penting untuk bernapas hanya melalui hidung dan bukan melalui mulut. Jika dengan bernapas melalui mulut (bahkan hanya dengan mulut yang terbuka sebagian) ada beberapa proses biokimia abnormal yang mengubah semua fungsi tubuh, seperti: akan merasakan kurang darah dan suplai oksigen untuk sel-sel tubuh & berkurangnya CO2 dalam arteri dan sel, sistem kekebalan tubuh akan melemah, serta akan lebih banyak mendapatkan radikal bebas, bahkan otak, saluran pencernaan, hormon dan semua fungsi lainnya akan mengalami perubahan abnormal.

Jika kita menghitung seberapa lama dapat menahan napas dalam keadaan hidung tersumbat, maka akan kita temukan bahwa hasilnya sangatlah singkat. Tes ini juga disebut “Test Oksigen tubuh” karena mencerminkan kadar oksigen dalam tubuh.

Sobat Dokcil bisa mencoba hal ini di saat hidung tersumbat, caranya mudah dan aman. Namun, jika upaya tersebut tidak membuahkan hasil, tentu dengan konsultasi kepada dokter adalah jawabannya. Selamat mencoba, dan salam sehat.


Dikutid dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT DENGAN MUDAH