02/05/2017 17:37:31
Info Kesehatan

Bahaya Tato Dibalik Keindahannya

Sobat Dokcil pasti sering melihat kegemaran anak muda zaman sekalang melakukan hal-hal yang ekstrim. Salah satunya yaitu memasang tato di Badan. Tato adalah suatu kegiatan menggambar tubuh, yang saat ini menjadi tren anak muda di dunia. Gambar keren atau tulisan yang mengandung arti tersendiri dan dituangkan di tubuh (tato) sudah menjadi hal yang tidak tabu dalam kehidupan anak muda masa kini. Bahkan sejarah tato sudah dikenal sejak zaman dahulu. Pada masyarakat zaman dahulu, tato diartikan sebagai simbol keberuntungan dan menolak bala. Tetapi zaman sekarang tato di anggap tren bagi pecintanya.

Tapi apakah sobat Dokcil tahu bahwa tato memiliki potensi untuk merusak kesehatan? Jika kalian ingin melakukan gambar di tubuh atau tato, alangkah baiknya berpikir ulang sebelum melakukan hal tersebut. Karena akan ada efek yang cukup berbahaya bagi kesehatan, khususnya kesehatan kulit. Berikut adalah dampak buruk yang diakibatkan oleh tato:

1.   Reaksi alergi. Pewarna tato, terutama merah, hijau, pewarna kuning dan biru dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit, seperti ruam yang gatal di lokasi tato. Hal ini dapat terjadi bahkan bertahun-tahun setelah Anda mendapatkan tato.

2. Infeksi kulit. Ini bisa menyebabkan kemerahan, pembengkakan, nyeri, sakit dan  bernanah setelah tato.

3. Masalah kulit lainnya. Seperti benjolan yang berada disekitar area tato yang disebut granulomas. Tato juga dapat menyebabkan keloid atau jaringan kulit tambahan yang tumbuh dibekas luka.

4.   Penyakit melalui darah. Jika peralatan kurang steril juga bisa menyebabkan tertular penyakit yang dibawa dari darah, contohnya HIV, tetanus, hepatitis B dan C,  dan lain-lain

5.   Komplikasi MRI. Tato bisa menyebabkan bengkak atau kulit terbakar saat si pemilik tato menjalani pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI). Tato permanen pada tubuh bisa mempengaruhi gambar hasil pemeriksaan MRI ini.

Secara seni, tato memang indah untuk dilihat, terutama jika yang ditato memiliki tubuh yang proposional, namun kembali harus diingat bahwa hal tersebut memiliki akibat yang sangat buruk bagi kesehatan kulit. Jadi, marilah berpikir ulang jika sobat Dokcil ingin menghias tubuh dengan menggambarnya dengan ditato, terutama tato permanen.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Bahaya Tato Dibalik Keindahannya