28/11/2017 16:14:08
Info Kesehatan

Bahaya Abu Vulkanik untuk Kesehatan

Sahabat dokcil pasti sudah tahu mengenai pemberitaan yang ramai baru-baru ini mengenai meletusnya Gunung Agung di Bali. Meletusnya gunung berapi sudah pasti akan mengakibatkan banyaknya asap dan material vulkanik yang menyebar di sekitar gunung bahkan bisa sampai ke pemukiman warga.  Material vulkanik, walaupun berukuran kecil (misalnya debu dan abu vulkanik), bisa menimbulkan potensi bahaya bagi kesehatan. Di Indonesia khususnya, di mana terdapat 127 gunung api aktif, pengetahuan dan informasi akan bahaya material vulkanik menjadi semakin penting. Abu atau debu vulkanik sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan jika terhirup. Selain itu material hasil erupsi gunung api tersebut juga bisa menimbulkan masalah bagi mata dan kulit manusia. Ada beberapa faktor yang memengaruhi seberapa besar dampak debu vulkanik terhadap kesehatan. 

Dampak kesehatan yang terjadi akibat debu vulkanik bisa bersifat akut maupun kronis. Efek akut bisa terjadi setelah terpapar oleh debu vulkanik dalam waktu singkat, sedangkan efek kronik bisa timbul setelah terpapar material vulkanik dalam jangka waktu panjang, atau bertahun-tahun. Berikut ini adalah beberapa bahaya abu vulkanik bagi kesehatan yang perlu anda waspadai:

Gangguan  Pernapasan

Menghirup debu vulkanik sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan. Material debu yang masuk ke melalui saluran pernapasan bisa menimbulkan iritasi saluran pernapasan hingga infeksi, yang dikenal dengan istilah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Paparan debu vulkanik pada saluran pernapasan juga bisa menyebabkan efek akut pada penderita penyakit pernapasan seperti asma, bronkhitis dan enfisema (penyakit paru obstruktif kronik / PPOK).

Kerusakan Mata

Tekstur debu atau abu vulkanik berbeda dengan debu biasa. Debu vulkanik memiliki sudut kristal yang meruncing atau tajam, sehingga dapat menggores dan menyebabkan iritasi. Selain berbahaya jika terhirup, debu tersebut juga dapat menyebabkan gangguan pada mata. Selain menyebabkan iritasi, debu vulkanik juga dapat merusak lapisan kornea pada mata. Gunakan kaca mata untuk melindungi mata anda ketika harus berada pada daerah yang terpapar debu vulkanik. Jika debu masuk ke mata, jangan mengucek atau menggosok mata karena justru dapat menyebabkan goresan pada lapisan kornea mata.

Kulit

Material vulkanik, yang mengandung zat-zat berbahaya seperti gas CO, H2S, SO2, juga bisa menyebabkan gangguan pada kulit. Walaupun kasusnya cukup jarang dan lebih sering terjadi pada orang dengan tipe kulit sensitif. Efek buruk yang terjadi pun umumnya bersifat ringan, berupa iritasi dan kemerahan pada kulit yang terpapar, namun cukup membuat penderitanya tidak nyaman.

Untuk mencegah terjadinya dampak buruk bagi kesehatan yang disebabkan oleh material vulkanik, khususnya debu dan abu vulkanik, gunakanlah masker atau kain untuk menutupi mulut dan hidung. Ini dilakukan sebagai langkah meminimalisir paparan debu dan abu vulkanik pada saluran pernapasan.

Terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat gangguan pernapasan seperti asma atau sakit paru, penggunaan masker sangat diutamakan, dan segeralah mengamankan diri ke tempat yang cukup terhindar dari paparan material vulkanik. Anak-anak dan lansia juga harus diutamakan untuk menggunakan masker pengaman. Selain itu, gunakan kaca mata untuk melindungi mata agar tidak terjadi iritasi dan gangguan penglihatan. Menggunakan pakaian yang tertutup (celana panjang dan baju yang menutup seluruh lengan) juga disarankan untuk mencegah gangguan kulit yang bisa disebabkan oleh debu dan abu vulkanik.

 

Dikutip dari beberapa sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Bahaya Abu Vulkanik untuk Kesehatan