28/12/2018 16:13:12
Info Kesehatan

Waspadai Bakteri Kencing Tikus dalam Genangan Air

Foto: Google.com

Memasuki musim hujan, tidak menutup kemungkinan akan terdapat genangan air cukup tinggi di beberapa daerah. Terutama di kawasan yang ’’langganan’’ banjir saat musim hujan melanda. Dalam genangan air tersebut, dipastikan mengandung beberapa bakteri termasuk leptospirosis.


Leptospirosis adalah bakteri yang disebarkan lewat kencing tikus. Bakteri ini bisa merebak saat banjir. Pada dasarnya leptospirosis mengancam manusia tak hanya saat banjir, melainkan ketika ada bencana lain seperti letusan gunung api, mau pun kebakaran hutan. Sebab, saat bencana terjadi, tikus-tikus itu keluar sarang dan mencari tempat aman.

Seperti dilansir dari Kompas, Leptospirosis menjadi penyakit yang ditularkan dari binatang ke manusia dengan sebaran terluas di dunia. pPenyakit ini juga ada di negara maju meski tak sebanyak di negara berkembang. Leptospirosis di daerah tropis menyerang saat musim hujan.

Binatang lain pembawa bakteri Leptospira seperti sapi, kambing, babi, domba, anjing, serta kucing. Tetapi potensi menularkan bakterinya tak sebesar tikus. Bakteri ini biasanya masuk tubuh manusia secara tak langsung.

Leptospira di lingkungan berair atau berlumpur masuk melalui luka. Bakteri ini juga bisa masuk melalui mukosa (jaringan yang mengeluarkan lendir) mulut, hidung, atau mata saat berenang. Penularan langsung dari kencing hewan ke manusia jarang terjadi. Pada hampir 90 persen kasus, penyakit ini menyebabkan gejala mirip flu, seperti sakit kepala, demam, dan nyeri otot.

Walau begitu, pada kasus yang jarang infeksi leptospirosis bisa berat dan mengancam nyawa, termasuk gagal organ dan perdarahan dalam. Tak mudah mendiagnosis penyakit ini karena gejalanya yang mirip dengan flu. Namun, jika dokter mencurigai ada infeksi leptospirosis maka akan dilakukan tes darah atau urine.

Gejala penyakit ini umumnya ringan dan bisa sembuh sendiri, biasanya pasien hanya diminta beristirahat. Pengobatan hanya untuk mengurangi gejala-gejalanya. Jika penyakitnya menjadi parah maka akan diberikan antibiotik. (*)

 

*dikutip dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Waspadai Bakteri Kencing Tikus dalam Genangan Air