07/01/2019 14:09:47
Gaya Hidup

Bertualang di Alam Bebas, Melatih Kecerdasan Motorik Anak

Foto: Google.com

Bercengkrama dengan alam tidak hanya asyik, tapi juga menyehatkan. Selain itu, bisa memberikan pengalaman baru bagi putra-putri kita. Anda bisa mengajaknya ke pegunungan, menjelajah hutan atau cagar alam, bermain di pantai, snorkeling di laut, berarung jeram di sungai, atau camping di tepi danau.

Jangan takut untuk mengajak anak-anak beraktivitas di alam bebas. Selama kita mematuhi aturan yang ada, kegiatan tersebut  tidak akan berbahaya. Untuk mengetahui do dan don’t-nya,  kita perlu berkonsultasi dengan penyelenggara tour, pemandu wisata, atau melalui Pusat Informasi  Wisata dari tempat yang kita kunjungi.

Membawa anak-anak melakukan kegiatan di alam bebas dan menikmati petualangannya akan meningkatkan kemampuan mereka dalam hal kemandirian, survival, adaptasi, dan berempati terhadap lingkungan sekitar. Nilai-nilai edukasi juga bisa langsung kita aplikasikan dengan mengajak mereka berdiskusi tentang apa yang dilihatnya saat itu. Banyak manfaat dan ilmu pengetahuan yang bisa kita pelajari dari alam sekitar.

Apa saja manfaat beraktivitas di alam bebas untuk anak-anak?

1. Menambah pengetahuan dan pemahaman anak tentang alam. Beragam flora dan fauna yang belum pernah dilihat sebelumnya tentu saja akan menambah wawasan mereka.

2. Merangsang anak menjadi lebih responsif terhadap lingkungan sekitar sehingga anak lebih berempati.

3. Melatih kecerdasan motorik. Saat melakukan berbagai aktifitas outdoor, otomatis seluruh bagian tubuh akan bergerak.

4. Meningkatkan kebersamaan dan kekompakan. Pada umumnya dalam kegiatan outdoor/ alam bebas orangtua akan melibatkan diri terhadap aktifitas anak. Disinilah seluruh keluarga yang mengikuti kegiatan akan menemukan quality time.

5. Memacu semangat dan kreatifitas.

6. Berani mencoba hal baru, secara psikologis akan menambah rasa percaya diri anak.

7. Belajar untuk survive. Pengalaman baru akan membuat anak beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Dalam kondisi tertentu, anak akan dihadapkan pada kenyataan untuk survive.

Lantas bagaimana jika kita ingin mengajak anak berlibur dengan kegiatan alam? Hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan agar si anak benar-benar menikmati kegiatannya dengan senang dan aman. Kegiatan alam yang bisa kita pilih bersama anak antara  lain:

- Ke pantai. Anak-anak dan orang tua bisa melakukan kegiatan seperti: berenang, snorkeling, kemping, main pasir dan memancing

- Ke gunung. Jika berpikir lelah untuk mencapai puncak gunung, anda sekeluarga bisa kemping di kaki gunung, atau trekking di pagi hari mencium segarnya hawa pegunungan sekaligus menikmati pemandangan yang ada.

- Ke sungai/danau. Uji adrenalin dan biarkan anda  sekeluarga berteriak lepas menikmati jeram sungai saat rafting atau arung jeram. Anda benar-akan akan dihadapkan pada situasi untuk tetap kompak dengan keluarga agar perahu tidak oleng. Jika masih ragu dengan arung jeram, anda tetap bisa bermain air ataupun memancing.

- Outbond. Melatih keberanian dan rasa percaya diri anak. Kini banyak operator outbond yang mempunyai wahana dari yang sederhana hingga ekstrem. (*)


*dikutip dari berbagai sumber

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Gaya Hidup: Bertualang di Alam Bebas, Melatih Kecerdasan Motorik Anak