02/04/2019 17:54:31

Gejala Autisme Mulai Terlihat Sejak Anak Berusia 18 Bulan

Jika anak Anda memiliki kesulitan berkomunikasi, dan sulit mengerti apa yang dipikirkan atau dirasakan orang lain, mungkin hal tersebut merupakan salah satu gejala autism. Secara umum, gejala autism pada anak baru terlihat pada saat usia 18 – 36 bulan. Seperti apa? 

Perlu diketahui, autisme adalah kelainan perkembangan saraf yang ditandai dengan adanya gangguan dalam interaksi sosial, perkembangan bahasa, dan komunikasi. Ciri-ciri autisme bervariasi mulai dari yang paling ringan sampai berat sehingga anak memerlukan perhatian khusus.

Gejala autisme pada anak dapat terlihat mulai dari tiga tahun pertama awal kehidupannya. Beberapa anak menunjukan gejala autisme sejak lahir namun terdapat juga anak yang awalnya terlihat memiliki perkembangan yang normal dan gejala autisme tersebut baru terlihat pada saat usia 18 – 36 bulan.

Secara umum, anak yang menderita autisme memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. Mereka juga sulit untuk mengekspresikan keinginan lewat bahasa secara lisan, bahasa tubuh, maupun ekspresi wajah.

Selain gangguan dalam berkomunikasi, anak dengan autisme juga sering melakukan kegiatan atau gerakan tubuh yang berulang seperti menggoyangkan atau mengebaskan tangan. Mereka cenderung melakukan aktivitas sendiri dan tidak tertarik terhadap lingkungannya.

Untuk mendeteksi autisme sejak dini, diperlukan pengetahuan memiliki perkembangan anak normal pada umumnya. Karena itu, tanda autisme pada anak dapat dibagi berdasarkan usianya.

Ciri-ciri autisme pada bayi usia kurang dari 12 bulan:

·Tidak ada kontak mata  ketika diajak berbicara.

·Tidak tersenyum kembali kepada anda ketika Anda mengajaknya berbicara atau tersenyum.

·Tidak merespons suara.

·Tidak tertarik ketika diajak bermain bersama.

·Anak tidak menoleh ketika namanya dipanggil.

Gejala autisme pada anak usia 12 sampai 24 bulan:

·Tidak dapat menggunakan peralatan sehari-hari seperti sikat gigi, sisir, atau mainan.

·Tidak mengeluarkan kata-kata untuk mulai berbicara. Pada usia 16 bulan, biasanya anak dapat mulai berbicara satu kata, dan pada usia 24 bulan, anak dapat berbicara dua kata.

·Tidak mampu untuk mengikuti perintah.

Gejala autisme pada anak usia 2 tahun ke atas:

·Menghindari kontak mata.

·Kemampuan berbahasa yang terlambat. Anak sulit untuk memberi tahu apa yang ia butuhkan. Beberapa anak bahkan tidak mampu berbicara sama sekali.

·Memiliki pola berbicara yang aneh. Intonasi berbicara anak tidak sesuai atau terdengar datar. Anak sering mengulang kata yang sama.

·Tidak memiliki ketertarikan untuk bermain dengan orang lain.

·Tidak bisa meniru bentuk suatu benda misalnya menggambar bentuk bola.

·Mengalami masalah dalam tingkah laku. Anak menjadi hiperaktif, impulsif atau agresif.

·Apa yang sebaiknya Anda lakukan jika terdapat tanda-tanda autisme pada anak anda?

Jika menemukan tanda-tanda tersebut pada buah hati Anda, sebaiknya segera memeriksakan anak ke dokter spesialis anak ataupun psikiater anak untuk diberikan terapi. Terapi yang dimulai sejak awal dapat meringankan gejala autisme yang diderita anak dan mencegahnya agar tidak berkembang menjadi berat.

Autis bukan disebabkan oleh Sindroma Rett atau Gangguan Disintegratif Masa Kanak. Namun, kemungkinan kesalahan diagnosis selalu ada, terutama pada autis ringan. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya gangguan atau penyakit lain yang menyertai gangguan autis yang ada, seperti retardasi mental yang berat atau hiperaktivitas.

Autis memiliki kemungkinan untuk dapat disembuhkan, tergantung dari berat tidaknya gangguan yang ada. Berdasarkan kabar terakhir, di Indonesia ada dua penyandang autis yang berhasil disembuhkan, dan kini dapat hidup dengan normal dan berprestasi. Di Amerika, dimana penyandang autis ditangani secara lebih serius, persentase kesembuhannya lebih besar.

 

* Dari berbagai sumber

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Gejala Autisme Mulai Terlihat Sejak Anak Berusia 18 Bulan