17/05/2019 09:51:41
Info Kesehatan

Begini Cara Merawat Anak Tipes di Rumah

Jika anak Anda didiagnosis menderita tipes, sebaiknya langsung dirawat di rumah sakit. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, penderita tipes juga bisa dirawat di rumah.

 Nah, berikut beberapa tips perawatan tipes pada anak yang dapat dilakukan di rumah:

1. Tingkatkan Asupan Cairannya

Anak akan kehilangan banyak air atau cairan karena demam, muntah, keringat, dan diare ketika menderita tifoid. Jadi pastikan dia mendapatkan banyak asupan air dan cairan bergizi setiap hari. Jus buah juga dapat diberikan, asalkan tidak ditambahkan gula. Gula dapat memperburuk diare.

Tidak hanya air putih, tapi berikan juga sup, susu, jus dan cairan sederhana namun bergizi lainnya. Konsultasikan dengan dokter mengenai perlu tidaknya cairan rehidrasi oral seperti oralit. Tanda kecukupan cairan adalah frekuensi berkemih dan warna air seni, jika ia cukup minum air seni pasti jernih.

2. Perhatikan asupan makanan

Sakit tipes dapat menyebabkan penderita, terutama anak, mengalami kekurangan gizi. Oleh sebab itu, penuhilah kebutuhan gizinya dengan memberikan makanan yang tepat.

Nasi, roti, dan pisang sangat cocok, karena mudah dicerna dan membantu meredakan mual serta diare. Buah-buahan dan sayur-sayuran juga dapat diberikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

3. Istirahat yang cukup

Sakit tipes banyak menguras energi. Oleh sebab itu, biarkan dia beristirahat ketika menderita demam dan setidaknya seminggu setelah demam mereda. Pastikan kamarnya bersih dan lapang.

4. Minum obat sesuai aturan

Untuk mengobati tipes pada anak, dokter akan meresepkan antibiotik yang efektif untuk membunuh bakteri penyebab. Pastikan anak Anda minum antibiotik sesuai anjuran dan dihabiskan untuk mencegah kambuhnya penyakit. Mengenai obat tipes lainnya, umumnya bersifat simptomatik, alias diminum sesuai keluhan yang dirasakan.

 

 

*Dikutip dari berbagai sumber

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Begini Cara Merawat Anak Tipes di Rumah