27/06/2019 11:28:06
Info Kesehatan

Rahasia Bentuk Keluarga Bahagia

Memiliki keluarga yang bahagia tentunya menjadi impian setiap orang, dimana setiap anggotanya bisa berkomunikasi dengan hangat dan terbuka, saling menerima, dan penuh kasih sayang.

Keluarga yang bahagia tidak bisa terbentuk begitu saja. Perlu peran aktif dari seluruh anggota keluarga. Mau tahu rahasiany?

Kehadiran

Hadirlah selalu dalam keluarga tercinta Anda. Kehadiran orang tua jauh lebih berharga daripada hadiah. Selain itu, kualitas kebersamaan lebih penting daripada lamanya waktu bersama-sama dengan mereka. Kebersamaan bukan hanya berarti Anda hadir pada acara ulang tahunnya saja. Kebersamaan yang berkualitas melibatkan ikatan emosional antara orang tua dengan anak pada kehidupan sehari-hari.

Ungkapan kasih sayang

Ungkapan kasih sayang tidak selalu dengan cara mengatakan  ’’I love you’’. Ungkapan kasih sayang justru akan lebih bermakna melalui sikap nyata. Misalnya, sebagai orang tua Anda bisa memberikan pelukan atau ciuman kepada anak-anak, kakak kepada adiknya, demikian juga sebaliknya. Hal tersebut menunjukkan betapa setiap anggota keluarga saling perhatian.

Aktif berkomunikasi

Berkomukasi positif adalah trik penting untuk sebuah keluarga bahagia. Dengan berkomunikasi secara aktif dan terus-menerus, sangat efektif meredakan ketegangan dan menenteramkan hubungan keluarga.

Jangan ada perbedaan

Di antara anak-anak, selalu ada perbedaan. Ada anak yang lebih pandai, ada yang lebih bisa menguasai diri, atau memiliki kemampuan lebih menonjol lainnya. Namun di dalam keluarga yang bahagia, setiap orang harus diperlakukan sama. Anda tidak boleh pilih kasih.

Rutin melakukan kegiatan bersama

Untuk memiliki keluarga bahagia, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang memupuk rasa kebersamaan. Misalnya berbelanja bersama, melakukan kegiatan sosial, menonton, makan malam bersama, hiking, dan lainnya. Kegiatan apapun yang dilakukan bersama akan memberikan kenangan indah dalam benak keluarga.

Jangan ragu minta maaf

Walaupun Anda adalah orang tua mereka, jangan ragu untuk minta maaf pada anak-anak jika memang Anda bersalah. Selain itu, tanamkan prinsip ’’tindakan berarti lebih dari kata-kata’’ dengan cara mengubah sikap dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Reward dan punishment

Jangan hanya memberikan teguran atau hukuman saja. Sebaliknya, Anda juga harus memberikan apresiasi bila anak-anak melakukan sesuatu yang luar biasa. Apresiasi selain berupa pujian dan ucapan terima kasih, Anda juga dapat menemani mereka nonton TV lebih lama atau mengizinkan mereka makan es krim 1 scoop lebih banyak daripada biasanya.

Berolah raga bersama

Berolah raga bersama dapat memperat hubungan keluarga dan memberikan gaya hidup sehat. Seluruh anggota keluarga dapat bermain bulu tangkis bersama, bersepeda, bermain bola, dll.

Have fun

Untuk memiliki keluarga bahagia, semua orang tua haruslah mengajak anggota keluarga bersenang-senang. Bermainlah bersama mereka, nikmatilah suasananya dan anggaplah diri Anda sebagai teman mereka — bukan orang tua mereka. Buatlah momen yang indah dan jadikanlah momen tersebut kenangan terindah di dalam hidup mereka.

 

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Rahasia Bentuk Keluarga Bahagia