24/01/2014 15:26:01

Kenali Gejala Kanker Pada Anak

Mungkin kita sebagai orang tua sering mempertanyakan, mengapa kanker bisa terjadi pada anak? Apa penyebab, gejala dan ciri-ciri kanker pada anak?

 

Kanker yang menyerang anak tidak bisa dicegah dan penyebabnya belum diketahui secara pasti. Penderita kanker pada anak sering ditemui sudah memasuki stadium lanjut. Ini terjadi karena terlambatnya penanganan terhadap penderita kanker.

 

Sebagai orang tua kita harus mengenalkan bagaimana cara deteksi dini kanker pada anak. Berikut gejala kanker yang terjadi pada anak:

1.  Mata

Gejala kanker yang kerap kali muncul pada indera penglihatan adalah tanda-tanda pada bagian mata seperti ada bintik putih pada mata, mata tampak lebih besar atau menonjol, mata mendadak juling dan mengalami pendarahan secara spontan. Tanda-tanda itu, biasanya terjadi pada anak berumur di bawah empat tahun.

 

2.  Rasa Nyeri

Sampaikan kepada anak-anak, jika mereka sering merasakan sakit atau nyeri pada tulang dan sendi mereka sebaiknya segera menceritakan kepada orang tua, sebab nyeri atau sakit pada tulang dan sendi bisa merupakan salah satu gejala kanker.

 

3.  Kelainan Sistem Saraf atau Neurologis

Gejala lain yang sering dirasakan seperti sakit kepala disertai mual atau muntah. Orangtua harus waspada jika anak mengalami kejang, perubahan perilaku, bahkan kelumpuhan anggota gerak dan saraf otak.

 

4.  Tanda-tanda Umum

Biasanya anak yang menderita kanker, tubuhnya terlihat pucat, demam yang tidak diketahui penyebabnya. Selain itu, lebam atau biru-biru di kulit, mimisan, serta menurunnya berat badan dan tidak nafsu makan, termasuk gejala kanker.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Kenali Gejala Kanker Pada Anak