17/07/2019 10:49:26
Info Kesehatan

4 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ginjal

Sebelum ginjal Anda mengalami gangguan atau mengalami kerusakan yang semakin memburuk, tentunya lebih baik untuk terus menjaga kesehatan ginjal. Lakukan beberapa cara menjaga kesehatan ginjal berikut ini, sebagaimana dilansir dari sebuah situs kesehatan Alodokter:

Mengonsumsi makanan yang sehat 

Konsumsi lebih banyak biji-bijian, sayur, dan buah bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Pastikan makanan yang Anda konsumsi kaya akan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau terlalu asin.

Minum cukup air mineral

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Jika Anda tidak cukup minum, ginjal tidak akan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk mengetahui apakah tubuh terhidrasi dengan baik, perhatikan warna urine Anda. Jika urine berwarna pekat, berarti tubuh membutuhkan lebih banyak air.

Jauhi minuman beralkohol dan rokok

Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal. Meskipun tidak berpengaruh secara langsung, minuman beralkohol dan rokok dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan hipertensi yang menjadi salah satu penyebab penyakit ginjal.

Jaga berat badan Anda

Sesuatu yang berlebihan dapat menimbulkan efek tidak baik, begitu pula dengan berat badan. Meningkatnya berat badan dapat meningkatkan tekanan darah yang berbahaya bagi ginjal dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, perhatikan berat badan dan indeks massa tubuh Anda, serta lakukan olahraga secara teratur guna mendapatkan berat badan ideal.

 

*Dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 4 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ginjal