19/07/2019 13:10:57
Info Kesehatan

5 Langkah Ampuh Lumpuhkan Penyakit Musiman

Setiap pergantian musim, seringkali disertai oleh penyakit. Tentu saja jenis penyakitnya juga akan berbeda di setiap musim. Jika antibody kita lemah, maka akan sangat rentan terserang penyakit-penyakit musiman ini.

Nah, supaya kita lebih kuat dalam menghalau serangan penyakit musiman, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Apa saja?

Cuci tangan

Tangan adalah tempat virus dan bakteri, bisa saja tiba-tiba kita terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Mikroorganisme penyebab penyakit ada di mana pun termasuk tangan. Oleh karena itu lebih seringlah mencuci tangan.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari perpindahan mikroorganisme berbahaya dari lingkungan ke dalam tubuh. Cuci tanganlah secara benar, yaitu menggosok seluruh permukaan tangan, jari dan kuku menggunakan sabun dengan waktu minimal 20 detik ya.

Dengan kondisi tangan yang bersih maka kebersihan diri serta kesehatanmu akan terjaga.

Mandi sabun antiseptik

Usahakan untuk selalu mandi dengan air hangat dan menggunakan sabun antiseptik. Mandi menggunakan air hangat selain dapat menghangatkan tubuh, juga mampu menyingkirkan semua kuman.

Sedangkan fungsi dari sabun antiseptik itu sendiri membantu tubuh terhindar dari risiko terkena penyakit oleh serangan kuman atau bakteri tak terlihat. Sabun antiseptik juga dapat membersihkan dan melindungi kulit kamu agar terasa higienis serta bersih.

Jaga kualitas tidur

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menjaga kualitas tidur. Sebab, tidur merupakan waktu di mana tubuh dapat memulihkan seluruh organ setelah beraktivitas seharian.

Sebisa mungkin, tidurlah tepat waktu. Untuk anak prasekolah (3-5 tahun), waktu tidur yang ideal adalah antara 10-13 jam sehari. Adapun untuk remaja (14-17 tahun) waktu tidur ideal antara 8-10 jam sehari), dan bagi orang dewasa waktu tidur idealnya sekitar antara 7-9 jam.

Olahraga

Aktivitas olah fisik terbukti memperkuat sistem imun. Olahraga merupakan cara sederhana yang bisa kamu lakukan dan dapatkan berbagai manfaatnya. Jadi, ada baiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga mengeluarkan keringat.

Lakukan latihan fisik seperti jogging atau bersepeda selama 30 menit saja sudah cukup, kok. Usahakan 5 kali dalam seminggu untuk menangkal serangan penyakit dan mengaktifkan sel darah putih.

Jaga kebersihan lingkungan

Satu hal terakhir yang harus dihindari baik di musim hujan atau kemarau adalah adalah nyamuk. Karena kita hidup di negara tropis, keberadaan nyamuk memang tak bisa dihindari. Nah, agar tidak keberadaan nyamuk tidak sampai menimbulkan masalah, sebaiknya rutin membersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit.

Bersihkan seluruh celah dan sudut tempat air tersumbat yang membuat air tergenang dan bisa menjadi berkembang biaknya jentik nyamuk. Terapkan juga sistem 3M (menutup, mengubur, menguras) pada perlengkapan yang tidak berguna lagi.


*Dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 5 Langkah Ampuh Lumpuhkan Penyakit Musiman