26/07/2019 14:15:06

Meracik Menu Diet untuk Anak Obesitas

Foto: EyeEm

Anak gendut mungkin lucu ketika kita melihatnya. Akan tetapi, jangan biarkan buah hati Anda tumbuh dalam keadaan obesitas, karena ini akan sangat berbahaya bagi perkembangannya nanti. Karena itu, segeralah mengubah menu makan hariannya agar berat badan si kecil tetap terkontrol.

Anak akan disebut obesitas jika berat badannya sudah tidak seimbang dengan tinggi. Misalnya, anak Anda berusia 3 tahun dengan postur 100 cm dan berat 25 kg, bisa dikategorikan obesitas karena usia di bawah tiga tahun sebaiknya berbobot maksimal 15 kg.

Jika tidak diantisipasi dengan mengatur makan yang tepat dan sehat, kegemukan atau obesitas sejak kecil akan dibawa terus sampai dewasa, yang akan memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti darah tinggi dan diabetes.

Obesitas terjadi akibat banyaknya sel lemak. Sekali sel lemak terbentuk, maka jumlahnya akan tetap seumur hidup. Mengurangi berat badan hanya akan mengurangi besarnya sel lemak tetapi tidak mengurangi jumlah sel yang sudah ada. Ini berarti seorang anak dengan banyak sel lemak hanya dapat mengurangi berat badan dengan mengurangi besarnya sel lemak, dan tidak bisa mengurangi jumlahnya.

Untuk itu, sebelum telanjur, upayakan mengatasinya dengan mengatur makan anak yang disesuaikan dengan pola jam makan mereka. Jangan diberi makanan setiap anak ingin makan agar tetap terpantau berapa banyak asupannya.

Sesuaikan porsi makan dengan piramida makanan anak, yakni panduan pola makan sehari-hari untuk anak usia 2-6 tahun.

Biasakan anak menyenangi aktivitas fisik untuk membakar kalori. Misalnya, bermain petak umpet, berenang dan bermain bola yang dilakukan bersama orang tua atau teman.

Contoh menu sehari anak usia 3 tahun:

Pagi bangun tidur: Susu 1 gelas

Pukul 08.00 : Bubur Isi Sayur

Pukul 10.00 : Srikaya Roti Apel

Makan Siang :

Nasi 100 gram

Semur Bola Daging Isi Telur Puyuh

Tempe Bacem (25 gr)

Sup Sayuran 1 mangkuk kecil

Buah Jeruk 1 buah

Pukul 16.00: Bubur Kacang Ijo

Sore:

Nasi 100 gr

Ikan Grill Bumbu Teriyaki

Tahu Tim

Sup Sayuran 1 mangkuk kecil

Buah Pepaya Potong

Sebelum tidur: Susu 1 gelas

*Dari Berbagai sumber

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Meracik Menu Diet untuk Anak Obesitas