08/08/2019 12:20:05
Info Kesehatan

Jangan Panik, Psoriasis Tidak Menular, Kok!

 Jika dilihat sekilas, penampakan psoriasis memang ’’mengerikan’’ dan terkesan menular. Apakah benar demikian? Yuk, kita kenali lebih jauh jenis penyakit kulit ini!

Psoriasis adalah penyakit yang berhubungan dengan kondisi kulit. Penyakit ini seringkali disebabkan oleh kondisi autoimun. Ketika seseorang mengalami penyakit psoriasis, sistem kekebalan tubuh akan membuat sel kulit tumbuh lebih cepat dari biasanya. Sel kulit akhirnya menumpuk dan membuat jaringan kulit tumbuh tidak normal, sehingga kulit terlihat tebal dan bersisik. Kondisi kesehatan ini kerap kali muncul di permukaan kulit bagian siku, kulit kepala, punggung bagian bawah, dan lutut.

Kulit, normalnya membutuhkan waktu 28 hingga 30 hari untuk memproduksi sel kulit baru dan melepaskan sel kulit yang sudah lama. Sementara pada orang dengan penyakit psoriasis, sel kulit baru bisa muncul dalam 3-4 hari dan terus menekan ke permukaan kulit.

Seiring tumbuhnya sel kulit baru, sel kulit sebelumnya yang sudah muncul belum bisa dilepaskan dari permukaan kulit.  Alhasil, semuanya saling menumpuk di atas satu sama lain. Semakin banyak sel kulit baru yang diproduksi, sel kulit lama terdesak ke permukaan, membentuk lapisan tebal, merah, gatal dan bersisik.

Menurut American Academy of Dermatology, seseorang yang mengalami psoriasis memiliki suatu gen bawaan khusus yang dapat mengacaukan sistem kekebalan tubuh. Dalam beberapa kasus psoriasis, meski seseorang memiliki gen bawaan itu tetap diperlukan pemicu dari lingkungan agar psoriasis aktif dan bisa berkembang. Namun ada juga kondisi yang tidak dipengaruhi faktor pemicu tertentu. Apa saja yang bisa memicu psoriasis?

Dilansir dalam laman Healthline, orang yang mengalami penyakit psoriasis ini tidak memiliki pemicu yang sama. Ada berbagai faktor lingkungan dan gaya hidup yang bisa memicunya yaitu:

·        Paparan matahari

·        Merokok

·        Infeksi

·       Trauma di kulit, seperti pernah terbakar, atau terpotong, atau digigit binatang.

·        Stres

·        Paparan suhu yang sangat dingin

·  Beberapa pengobatan seperti lithium, pengobatan tekanan darah, dan iodida

·        Peminum alkohol berat

Semua pemicu ini tidak bisa menimbulkan psoriasis tanpa kehadiran kelainan gen yang dialami orang dengan psoriasis.

Lalu, apakah penyakit psoriasis menular? Nah, banyak orang yang takut dan akhirnya menjauhi orang yang sedang terjangkit psoriasis, bahkan mengucilkannya. Padahal, sebenarnya penyakit psoriasis tidak menular, meski kita bersentuhan sekalipun.

Psoriasis juga bukan disebabkan karena gaya hidup atau kebersihan diri yang buruk. Jadi orang yang mengalami psoriasis tidak juga bisa dikatakan punya kebersihan diri yang rendah atau tak terjaga.

Psoriasis tidak seperti penyakit kulit lainnya contohnya kudis atau impetigo, yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri, virus, ataupun jamur. Ini masalah gen dari dalam tubuh yang pasti tidak menular. Kecuali, diturunkan sifat gennya yang memengaruhi kondisi autoimun dari orang tua maka anak akan memiliki risiko mengalami psoriasis.

Perlu juga diketahui, psoriasis tidak akan menyebar ke bagian tubuh lain. Biasanya, kondisi ini akan terbagi dalam beberapa tingkat keparahan, yaitu:

·    Tingkat ringan, yaitu penyakit hanya merusak 3 persen dari seluruh permukaan kulit.

·       Tingkat sedang, terjadi jika psoriasis menyerang 3-10 persen permukaan kulit.

·     Tingkat parah, ditandai dengan kerusakan yang terjadi lebih dari 10 persen dari permukaan kulit.

Meski sebenarnya belum ada obat yang dapat mengatasi psoriasis secara tuntas, tapi pengobatan dapat membuat gejala penyakit ini berkurang. Untuk tahu mana pengobatan yang tepat bagi Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter. (*)

*Dari berbagai sumber

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Jangan Panik, Psoriasis Tidak Menular, Kok!