23/08/2019 13:13:03
Info Kesehatan

Membuat Udara Ruangan Tetap Bersih dan Sehat

 Tanpa disadari, udara ruangan di sekitar rumah selalu terkontaminasi oleh produk kimia, partikel dari lingkugan, dan debu. Itu sebabnya, terkadang udara terasa pengap, lembap, dan berbau tidak sedap.

Jika udara di rumah sudah mulai terasa tidak enak di pernapasan, sebaiknya Anda segera segera mengambil langkah agar tidak sampai mengganggu kesehatan. Kualitas udara dalam ruangan yang tidak baik, bisa menjadi salah satu penyebab utama alergi dan masalah kesehatan lain seperti batuk dan ISPA.

 Berikut enam tips mudah untuk memperbaiki kualitas udara dalam ruangan di rumah Anda sebagaimana dikutip dari Step to Health:

1. Gunakan produk pembersih rumah yang ramah lingkungan

Hindari menggunakan semprotan kimia terlalu banyak  karena mengandung racun sintetis yang berbahaya. Sebaiknya, Anda pilih desinfektan alami semisal cuka putih, lemon, atau baking soda. Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk dan rempah alami sebagai alternatif penyegar udara kimia.

2. Selalu menjaga kerapihan rumah

Jika Anda ingin mencegah penumpukan tungau debu, debu, dan senyawa volatil lainnya, jangan mengumpulkan banyak hal atau alat yang tidak perlu. Bersihkan rumah Anda terutama boneka binatang, karpet, atau pelapis. Jika Anda memilikinya, pastikan untuk mencuci mereka secara teratur. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, awasi kebersihan mereka. Pastikan untuk menyimpan mainan dan tempat tidur mereka yang telah didesinfeksi.

3. Buat ventilasi

Untuk memperbarui udara di setiap ruangan rumah  Anda perlu membuka pintu dan jendela paling sedikit 20 sampai 30 menit per hari. Hal ini perlu dilakukan terutama jika rumah Anda cenderung pengap. Buka semua pintu dan jendela termasuk kamar mandi dan dapur. Lakukan ini setiap hari untuk menjaga udara di rumah Anda tetap segar.

4. Mengendalikan kelembapan

Kelembaban di dinding dan atap Anda tidak hanya menyebabkan bau tak sedap di rumah. Ini juga merupakan penyebab langsung masalah pernapasan dan kulit. Meskipun ini adalah masalah struktur atau ventilasi yang buruk, penting untuk mencoba mengendalikannya begitu Anda menyadarinya. Gunakan produk alami untuk mengendalikan jamur seperti cuka dan lemon. Jika masih lembap, cobalah datangkan seorang ahli yang menangani kerusakan dan perbaikan semacam ini.

5. Jangan merokok di rumah

Merokok di rumah adalah salah satu kebiasaan buruk. Hal ini bahkan memengaruhi semua anggota keluarga Anda yang lain. Karena penuh dengan racun, asap rokok yang menyebar di udara dapat mengganggu kesehatan pernapasan setiap orang. Penumpukan komponen kimianya biasanya di kamar. Bahkan, Anda bisa menghirupnya dengan bau asap yang menempel. Karena itu, hindarilah merokok di dalam ruangan. Sebisa mungkin, akan jauh lebih baik jika Anda berhenti merokok.

6. Memanfaatkan tanaman indoor

Tanaman indoor tidak hanya memberikan sentuhan dekoratif di rumah Anda, tapi juga dapat membantu mensterilkan udara secara alami dan memperbaiki keseimbangan pH di rumah Anda. Tanaman yang dapat menyerap polutan antara lain Bambu, Pakis, Ivy, Anggrek, Peace Lily, Teratai, Viper’s bowstring hemp, Laceleaf, Gerbera jamesonii, Pohon evergreen, dan Azalea. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Membuat Udara Ruangan Tetap Bersih dan Sehat