25/10/2019 11:41:54
Info Kesehatan

Membujuk Anak Periksa ke Dokter

 Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, tidak hanya perlu dilakukan orang dewasa, tapi juga anak-anak. Bahkan, pemeriksaan kesehatan pada anak lebih penting mengingat kondisi tubuh mereka yang masih rentan terhadap penyakit.

 Masalahnya adalah banyak anak yang cenderung takut pergi ke dokter. Nah, bagaimana cara mengatasinya? Berikut 4 langkah mudah membujuk anak periksa ke dokter seperti dilansir dari Dokter Sehat:

1. Bermain dokter-dokteran

Bermain dokter-dokteran bersama anak dapat membantu menjelaskan anak situasi yang sebenarnya di rumah sakit. Jelaskan pada anak bahwa agar anak yang sakit cepat sembuh, maka diperlukan pemeriksaan dan diagnosa yang tepat oleh dokter. Jika tidak mau diperiksa, maka dokter akan kesulitan mengetahui sakit yang diderita anak.

Anda bisa bermain dokter-dokteran di rumah dengan pura-pura memeriksa mulutnya, melihat telinganya dengan senter, dan memainkan stetoskop mainan untuk memeriksa dada dan perut anak. Dengan bermain, ketakutan anak pada dokter atau rumah sakit akan berkurang.

2. Bawa mainan

Agar anak merasa nyaman dan tidak takut, biarkan ia membawa mainan kesayangannya saat ke tempat praktek dokter. Mainan ini juga dapat mengalihkan perhatian anak saat harus menunggu atau menjalani pemeriksaan.

3. Bawa ke dokter langganan

Anak akan lebih merasa aman jika diperiksa oleh orang yang dikenalnya. Berhubungan dengan orang asing bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan semakin takut, Untuk itu, sebaiknya bawa anak ke dokter langganan untuk membantu meredakan ketakutan anak.

4. Jelaskan mengenai profesi dokter

Agar anak tidak takut pergi ke dokter mana pun, jelaskan pada anak mengenai tugas dan profesi dokter. Jelaskan bahwa jika dokter menyuntik, maka hal ini diperlukan untuk kesembuhan dan menjaga kesehatan anak. Dengan demikian anak tidak akan merasa takut lagi pada dokter.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Membujuk Anak Periksa ke Dokter