24/01/2014 15:26:01

Cuci Tangan Menyelamatkan Anak dari Kematian

Angka kematian dan kesakitan di dunia masih sangat tinggi akibat penyakit yang berkaitan dengan air, sanitasi serta perilaku hidup sehat dan bersih. Sebagai contoh, kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir masih sangat rendah dilakukan oleh masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Padahal mencuci tangan merupakan kebiasaan yang sangat mudah untuk dilakukan. Kebiasaan mencuci tangan bisa menyelamatkan dunia, terutama anak-anak.

 

Sejak tahun 2008, Badan Organisasi Dunia atau WHO menggalakkan kampanye cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir sebagai kebiasaan yang harus dilakukan oleh seluruh umat manusia di dunia. Saking pentingnya cuci tangan, WHO menetapkan setiap tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia.

 

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir adalah cara yang paling efektif dan murah untuk mencegah penyakit diare dan saluran pernafasan yang bisa merenggut jutaan nyawa anak di beberapa negara berkembang setiap tahunnya.

 

Berdasarkan data WHO setiap tahunnya sekitar 2,2 juta anak dibawah usia 5 tahun meninggal karena diare. Sementara, masih berdasarkan data WHO tahun 2012, sekitar 100 ribu anak di Indonesia meninggal setiap tahun karena diare. Mengerikan ya... Padahal untuk mencegah jumlah kematian anak karena diare yang sangat tinggi, kuncinya hanya rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

 

Sobat dokterkecil.com jangan lupa untuk selalu mencuci tangan, apalagi setelah sobat buang air besar, setelah bermain dengan hewan atau tanah dan sebelum makan. Jangan lupakan juga ingatkan bunda di rumah untuk selalu mencuci tangan setelah membersihkan adik seusai buang air besar, sebelum memegang, mengolah dan menyiapkan makanan.

 

Meskipun mencuci tangan sangat efektif dan berpotensi menyelamatkan banyak nyawa, namun masih jarang dilakukan oleh masyarakat. Terbukti dengan masih tingginya tingkat kematian akibat diare dan infeksi lainnya. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir merupakan prilaku sederhana tapi berdampak luar biasa.

 

Yukk sobat dokterkecil.com jadikan cuci tangan sebagai gaya hidup.. Jangan lupa ya ajak teman-teman, adik, kakak, bunda dan ayah untuk selalu cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir supaya hidup selalu sehat.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Cuci Tangan Menyelamatkan Anak dari Kematian