24/01/2014 15:26:01

Anak Sehat Dimulai dari Tangan Sehat

Sobat dokterkecil.com, hari ini diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir adalah cara sederhana dan terbukti bisa mencegah penyebaran penyakit diare dan infeksi saluran pernafasan. Karena pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir badan Kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (WHO) menetapkan setiap tanggal 15 oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia.

 

Indonesia juga menjadi bagian dari kampanye dunia untuk menggalakkan aksi cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih. Tema yang diangkat pada tahun 2012 adalah anak sehat dimulai dari tangan sehat. Sebab dengan mencuci tangan maka ribuan nyawa anak - anak bisa diselamatkan. 

 

Berikut tips cuci tangan sehat :

1.  Ketika mencuci tangan, teteskan sabun cuci tangan secukupnya lalu menggosokkan tangan yang sudah diberi sabun hingga berbusa.

2.  Lama mencuci tangan sebaiknya sekitar 20 detik. Gosok semua permukaan tangan, termasuk bagian belakang, pergelangan, sela-sela jari dan di bawah kuku. Bilas dengan bersih.

3.  Gosokkan kedua telapak tangan sampai ke ujung jari. Telapak tangan tangan menggosok punggung tangan dengan jari-jari berselang-seling antara tangan kanan dan kiri.

4.  Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri. Gosok telapak tangan dengan punggung jari tangan satunya dengan gerakan kedepan, kebelakang dan berputar.

5.  Setelah 20 detik mencuci tangan, jangan lupa untuk membilas tangannya dengan air selama 10 detik untuk menghilangkan sabun.

6.  Keringkan tangan dengan tisu atau handuk, Keringkan tangan dengan handuk bersih atau sekali pakai atau pengering udara. Jika memungkinkan, gunakan handuk untuk mematikan kran.

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Anak Sehat Dimulai dari Tangan Sehat