15/11/2019 10:31:32
Info Kesehatan

Melindungi Keluarga dari Bahaya Diabetes

 Karena faktor gaya hidup yang semakin tidak sehat, kini diabetes tidak hanya rentan terhadap orang di usia 40 tahun ke atas. Usia muda, remaja, bahkan anak-anak pun punya risiko terkena diabetes.

Dilasir dari Hai Bunda, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI Dr Dante Saksono H. SpPD-KEMD, PhD, menjelaskan, survei yang dilakukan menunjukkan bahwa tidak ada orang Indonesia terbebas dari gen diabetes. Supaya nggak terkena diabetes, Sobat Dokcil harus mulai mengajak seluruh anggota keluarga untuk hidup sehat.

 

 Mengutip laman Mayoclinic dan Cheatsheet, ada sedikitnya empat cara gampang agar terhindar dari diabetes. Terpnting, Anda mulai sekarang dan konsisten melakukannya.

1. Gunakan minyak sehat

Setop penggunaan minyak kelapa sawit untuk mengolah makanan. Sebagai gantinya, pakai minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak biji matahari, dan sejenisnya. Lemak tak jenuh pada minyak ini membantu mencegah risiko diabetes.

2. Cukup istirahat

Kurang tidur berbahaya untuk kesehatan sekaligus meningkatkan risiko diabetes. Orang yang kurang tidur cenderung memiliki pola makan yang berantakan dan mengkonsumsi lebih banyak makanan dan minuman. Rasa lelah yang belum tertebus dengan tidur akan membuat orang tersebut malas berolahraga.

3. Rutin olahraga

Aktif bergerak menjadi jurus terbaik untuk tetap sehat, sekaligus termasuk salah satu cara mencegah diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan berolahraga 150 menit seminggu akan memangkas 26 persen risiko terserang diabetes dibanding mereka yang tak pernah berolahraga. Bila waktu berolahraga 300 menit seminggu, maka risiko diabetes yang terpangkas sebesar 36 persen.

4. Mengontrol porsi makanan

Memangkas berat badan adalah salah satu kunci mencegah diabetes. Urusan menurunkan berat badan memang berkaitan dengan diet. Sayangnya, hanya mengkonsumsi makanan sehat itu tidak mudah. Yang lebih penting adalah mengontrol porsi makan.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Melindungi Keluarga dari Bahaya Diabetes