27/11/2019 12:30:47
Info Kesehatan

Gejala Mirip Flu, Waspadai Demam Akibat Hepatitis A

Foto: Foto: Internet

Belum lama ini, Hepatitis A mewabah di Depok. Sebanyak 72 orang yang terdiri dari 38 laki-laki dan 34 perempuan terinfeksi virus Hepatitis A. Sebagian besar orang yang terinfeksi berasal dari SMP Negeri 20 Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Yuk, kenali gejalanya!

Hepatitis A adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh infeksi Virus Hepatitis A (HAV). Infeksi yang akan mengganggu kerja organ hati ini dapat menular dengan mudah, melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus. Lalu, bagaimana mengenali gejalanya agar bisa terdeteksi lebih awal?

Seperti dilansir dari Alo Dokter, gejala akan muncul beberapa minggu setelah penderita tertular virus Hepatitis A. Gejala yang paling disadari oleh penderita Hepatitis A adalah perubahan warna mata dan kulit menjadi kuning. Akan tetapi, sebelum timbulnya penyakit kuning, penderita dapat mengalami beberapa gejala lain yang kadang diabaikan karena mirip dengan flu.

Gejala tersebut antara lain adalah demam, lemas, mual dan muntah, warna urine menjadi gelap, dan warna tinja menjadi pucat. Karena itu, jika Sobat Dokcil menemukan gejala-gejala awal tersebut, sebaiknya segera pergi diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Hepatitis A akan sembuh dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh penderita dapat membasmi virus tersebut. Pengobatan yang diberikan hanya untuk meringankan gejala-gejala yang dialami penderitanya, sambil menunggu penyakit sembuh. Akan tetapi, penderita tetap harus menjaga kebersihan untuk mencegah penularan ke orang lain. Penderita yang sembuh akan memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Penyakit ini juga sebenarnya bisa dicegah dengan cara melakukan vaksinasi Hepatitis A, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menghindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang. Infeksi hepatitis A tidak menyebabkan penyakit liver jangka panjang (kronis) dan jarang berakibat fatal. Meski demikian, penyakit ini berpotensi menyebabkan gagal hati, terutama pada lansia dan orang yang sudah menderita penyakit liver kronis sebelumnya.

Seseorang lebih mudah terkena hepatitis A jika pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang terdapat banyak kasus Hepatitis A, melakukan hubungan intim dengan penderita hepatitis A, dan tinggal serumah dengan penderita hepatitis A. Oleh karena, pastikan anggota keluarga Anda sehat selalu.

Seperti diberitakan, pada 11 November 2019 SMPN 20 Depok geger karena 70 muridnya tiba-tiba tumbang di tengah upacara bendera. Pihak sekolah SMPN 20 Depok pun kaget dengan kejadian itu.

’’Biasanya kan 1-2 orang. Nah tapi kali ini lebih, itu yang membuat kita kaget,’’ kata Kepala Sekolah SMPN 20 Depok Komar Suparman seperti dikutip oleh Tirto.

Penyelidikan lantas dilakukan dua hari setelah kejadian murid tumbang serempak. Dari hasil pemeriksaan, petugas puskesmas mendapati sebanyak 56 murid terindikasi hepatitis. Sejumlah siswa menunjukkan indikasi hepatitis seperti mata kuning, demam, mual, dan nyeri di ulu hati.

Mereka lantas dirujuk ke Puskesmas untuk pengecekan darah. Petugas puskesmas juga mewawancarai pedagang kantin sekolah dan mengecek sumber air. Selang sepekan, petugas Dinas Kesehatan Kota Depok pun turun tangan. Petugas mengambil serum darah dari 72 orang dan rectal swab kepada 4 orang penjamah makanan. Petugas juga mengambil sampel air bersih dan air minum di sekitar lokasi.

Bukan tanpa sebab, petugas puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Depok memeriksa sumber air. Pasalnya, hepatitis bisa menyebar lewat sejumlah media. Untuk Hepatitis A dan E, virus menyebar lewat makanan atau air. Sementara untuk Hepatitis B, C dan D bisa meyebar melalui kontak darah atau cairan tubuh dengan penderita yang terinfeksi. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Gejala Mirip Flu, Waspadai Demam Akibat Hepatitis A